Pemkab SukabumiSUKABUMI

Bupati: Jokowi Ingin Bangun Tol Cibadak-Palabuhanratu

Pak Presiden Jokowi ingin membangun Jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu. Jalan ini untuk menunjang akses ke Geopark,” Marwan Hamami, Bupati Sukabumi

SUKABUMI – Pesona Geopark Ciletuh Palabuhanratu ternyata tak hanya mengundang peningkatan wisatawan, tapi juga mendongkrak berbagai fasilitas pembangunan di Kabupaten Sukabumi. Selain Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Bandara Udara termasuk kereta doble track, kini wacana Tol Cibadak-Palabuhanratu muncul.

Seperti diketahui, dalam waktu dekat ini, statusnya akan ditentukan di Francis untuk ditingkatkan menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Ini pula salah satu yang membuat Bupati Sukabumi, Marwan hamami begitu bersemangat. Seperti terlihat dalam menyampaikan sambutan di berbagai even.

Termasuk, dalam sambutan pada acara Festival Hari Nelayan Palabuhanratu ke 58 di lahan Parkir Pasar Semi Modern Palabuhanratu, kemarin (5/4). “Pak Presiden Jokowi ingin membangun Jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu. Jalan ini untuk menunjang akses ke Geopark,” kata Marwan.

Selain itu, sebagai penunjang UGG, sepanjang teluk Pantai Palabuhanrantu sudah direncanakan untuk dibebaskan. Sehingga nantinya, laut bisa di lihat langsung dari jalan dan tak terhalang oleh bangunann-bangunan yang ada di pinggir Pantai. “Saat ini, nilai untuk pembebasan lahannya sedang dihitung oleh apresal. Berapa nilai pembebasan lahan itu yang pantas,” tambahnya.

Terlebih, kini Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan. Makanya, ia berharap pengelolaan potensi tersebut bisa mengoptimalkan upaya pengelolaan kawasan minapolitan pada zona inti serta zona pendukung sebagaimana Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 32/Men/2010 tentang Penetapan Kawasan Minapolitan Berbasis Perikanan Tangkap.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close