NASIONAL

Sukmawati Cium Tangan Ma’ruf Amin

Sukmawati Soekarnoputri benar-benar menyesal puisinya berjudul Ibu Indonesia telah mengusik hati umat Islam. Putri sang proklamator itu pun sowan ke markas Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kamis (5/4).

Disambut langsung oleh Ketua Umum MUI KH Ma’aruf Amin dirinya pun mencium tangan Ma’aruf sebanyak dua kali sambil tersenyum.

“Kalau boleh saya meminta sebaiknya karena dia sudah meminta maaf dan mengakui kesalahannya, sebaiknya tidak perlu diteruskan (proses hukumnya),” ujar Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, lantaran Sukmawati sudah meminta maaf, maka seluruh laporan sebaiknya dicabut. Sebab jika tidak, hal itu justru bisa menimbulkan kericuhan baru.

“Daripada kita membuang energi menimbulkan kegaduhan, kalau bisa saya mengimbau tidak usahlah begitu-begitu,” tegasnya.

Ma’aruf melihat Sukmawati dengan sungguh-sungguh telah menyesali perbuatannya. Bahkan, Ma’aruf menilai tetesan air mata Sukmawati menunjukkan kesungguhan permohonan maaf.

“Majelis Ulama belum mendalami (puisinya) tapi reaksinya sudah ada. Kita berharap hal ini bisa dikompromikan, diselesaikan, didamaikan kemudian membangun kembali persaudaraan,” terang Ma’aruf.

Sementara itu, terkait tidak dikeluarkannya fatwa MUI pada kasus ini lantaran menurut Ma’ruf, Sukmawati sudah meminta maaf dengan tulus dan tidak ‘ngeyel’.

“Ya, orangnya minta maaf. Tidak ada niat sudah berkata begitu. Jadi, ya, kita tidak perlu keluarkan fatwa. Tetapi kalau orangnya ngeyel, nantang, baru MUI keluarkan fatwa,” ungkapnya.

Dalam pesannya, Ketum MUI ini mengimbau agar masyarakat dapat berfikir jernih dalam melihat masalah ini. Masyarakat harus bisa membangun dan menjaga keutuhan bangsa dengan tidak mudah diprovokasi.

(rgm/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close