PILGUB JABARSUKABUMI

Pilgub Jabar Anggaran Terbesar Biaya Termurah, Hanya Rp1,164 Triliun

PALABUHANRATU–Proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang juga diikuti Jawa Barat terus menggelinding.

Yang membuat tercengang, anggaran untuk lancarnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018, pemerintah harus merogoh uang rakyat hingga Rp1,164 Triliun. Waw, pantastik bukan?

Namun, anggaran sebesar itu dinilai merupakan anggaran pilkada serentak termurah di Indonesia. Kok bisa gitu ya?

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar, Endun Abdul Haq, biaya pilgub Jabar 2018 paling efisien itu jika dikalkukasikan berdasarkan indeks per pemilih (hak suara).

“Jumlah pemilih di Jabar ada 32 juta jiwa. Jika anggaran pilkada Rp1,164 Triliun dibagi 32 juta kepala, hasilnya biaya per pemilih hanya sekitar Rp35 ribu. Ini jelas biaya termurah jika dibandingkan dengan daerah lain.

Apalagi dengan Papua yang biayanya paling mahal, ” papar Endun dalam penjelasannya pada acara sosialisasi Pilgub Jabar 2018 dengan OKP dan organisasi keagamaan di GOR Prinanda, Jalan Jenderal A Yani, Palabuhanratu, Kamis malam (29/3).

Untuk pilkada di Papua, kata Endun, meski anggarannya hanya Rp900 miliar, namun jumlah pemilihnya hanya 1,6 juta orang saja. Sehingga jika dikalkulasikan mencapai Rp500 ribu lebih hanya untuk biaya satu pemilih.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close