Politik Kabupaten Sukabumi

Panwaslu Ajak Mahasiswa Cegah Politik Uang dan SARA

SUKABUMI— Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) dalam hal ini melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) wilayah III Pejampangan menggelar Deklarasi Damai tolak dan lawan politik uang dan politisasi sara dalam pilkada 2018.

Deklarasi yang dilaksanakan di GOR Surade Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi pada Minggu (25/3), merupakan ajakan panwas kepada mahasiswa untuk mencegah secara bersama-sama terjadinya politik uang dan SARA.

Ketua Panwascam Kecamatan Jampang Kulon Asep Juanda mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan pilkada langsung yang jujur, adil dan bebas dari politik uang dan SARA.

Kegiatan ini juga sekaligus untuk sosialisasi pengawasan Partisipatif Mahasiswa dan Pelajar dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 yang ada di wilayah Pejampangan wilayah III meliputi Kecamatan Surade, Ciracap, Jampang Kulon, Kali Bunder, Cimanggu, Cibitung, Waluran dan Ciemas.

“Deklarasi Lawan dan tolak politik uang serta politisasi sara oleh Mahasiswa ini, tentunya didukung langsung oleh pawaslu Kabupaten Sukabumi, “jelas Asep Juanda dalam rilisnya.

Adapun, untuk kampus yang terlibat dalam deklarasi ini tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jampang dan Surade dan Sekitarnya atau HIMA Pangrakit. Ada empat kampus didalamnya, mulai dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), (STIE) Penguji Sukabumi, (STKIP) Bina Mutiara Sukabumi dan (STISIP) Syamsul’ulum Sukabumi.

“Semoga kegiatan ini mejadi modal awal untuk menciptakan, pemilu yang bersih tanpa ada kecurangan, “tandasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana dari mahasiswa Asep Saeful Gaos menambahkan, deklarasi ini sebagai upaya untuk mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur anti Politik uang dan Sara, selain itu agar para mahasiwa tidak menggunakan atau terlibat dalam politik uang dan Sara, karena itu dapat mencederai integritas penyelanggaraan pemilu.

“Intinya kami mengajak pemilih baik itu masyarakat atau dari kalangan mahasiswa untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan visi dan misi serta program yang jelas bukan karena uang dan sara, “tukasnya.
Ditempat terpisah, Ketua Panwaslu

Agung Munajat yang didampingi dua Anggota Panwaslu Nuryamah dan Deden taufik sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Panwascam Pajampangan dengan bekerja dengan Mahasiswa ini. Semoga dengan ada nya deklarasi ini bisa menekan terjadinya politik uang dan SARA.

“Kegiatan Deklarasi ini sangat bagus, dan kami mengapreasiasi kegiatan tersebut,”tukasnya. (adv/hnd)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close