KABUPATEN SUKABUMI

489 Warga Gegerbitung Terima Bantuan PKH

GEGERBITUNG – Ratusan warga Kecamatan Gegerbitung mendatangi Kantor Desa/Kecamatan Gegerbitung, minggu (18/3). Kedatangan mereka bukan untuk unjuk rasa, melainkan untuk mendapatkan kartu dari Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos).

Menurut Supervisor PKH Zona 1 Kabupaten Sukabumi, Arisma mengatakan, di Kecamatan Gegerbitung sendiri ada 1.308 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru. Tapi yang baru dibagikan, hanya 489 KMP. “Pembagian ini merupakan tahap pertama. Untuk sisanya yakni 880 KPM lagi, akan dibagikan di tahap II,” bebernya.

Menurutnya, pembagian Kartu Keluarga Sejahtra (KKS) sebelumnya dilakukan pendataan oleh pemerintah. Artinya, para penerima ini sudah sesuai dengan kriteria menurut pemerintah. “Saya berharap dana PKH ini bisa dimanfaatkan oleh setiap keluarga untuk kepentingan yang lebih baik,” harapnya.

Ditempat yang sama, Koordinator PKH Kecamatan Gegerbitung, Wahyu Permana berharap kepada masyarakat, agar meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan. “Anak penerima PKH harus sekolah. Semoga masyarakat yang menerima dana PKH bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik untuk membantu biaya pendidikan anak. Bantuan PKH merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Ya, mudah-mudahan bisa membantu perekonomian KPM, khususnya untuk pendidikan dan kesehatan,” paparnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menemukan sejumlah kendala saat melakukan pembagian KKS PKH terhadap warga di Kecamatan Gegerbitung. Salah satunya, pemilik KPM yang meninggal tidak bisa mengambil kartu KKS PKH, sebelum pergantian pengurus ke ahli warisnya. “Hal ini dapat berdampak terhadap penangguhan pencairan bantuan sosial, sampai mereka harus ganti pengurus. Untuk itu, solusinya mau tidak mau harus diganti nama pengusrus KPM tersebut ke ahli warisnya melalui operator PKH supaya program bantuan ini dapat segera dicairkan,” pintanya.

loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close