Nilai Tukar Rupiah Melemah Dalam Perdagangan

Nilai tukar Rupiah dibuka melemah dalam perdagangan hari ini, Jumat (15/3). Rupiah dibuka melemah tipis 19 poin ke level Rp 13.768 per USD dari penutupan sebelumnya Rp 13.749 per USD.

Dikutip Bloomberg, sepanjang perdagangan, Rupiah terus melemah terhadap Dolar Amerika Serikat. Saat ini, Rupiah berada pada level Rp 13.764 per USD.

Bacaan Lainnya

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, laju rupiah kembali membuka potensi pelemahan seiring ketidakmampuannya memanfaatkan pelemahan USD.

“Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.765 dan batas atas (resisten) 13.739,” ujarnya di Jakarta, Jumat (16/3).

Reza menjelaskan, meski laju USD kembali melemah sebab kali ini bergerak turun terhadap JPY, tampaknya tidak cukup kuat mempertahankan laju Rupiah di zona hijau.

“Pergerakan Rupiah cenderung berbalik melemah,” imbuhnya.

Menurutnya, masih adanya sentimen potensi terjadinya perang dagang akibat imbas proteksionis Presiden Trump telah menekan laju USD karena khawatir akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi AS.

Di sisi lain, laju Rupiah tidak mampu memanfaatkan kondisi tersebut seiring dengan adanya rilis neraca perdagangan yang kembali mencatatkan defisit.

Neraca perdagangan Indonesia selama Februari 2018 tercatat defisit sebesar USD 0,12 miliar atau sekitar Rp 1,6 triliun (kurs Rp 13.700) karena laju impor selama Februari yang naik lebih tinggi dibandingkan ekspor.

Selain itu, pelemahan juga dipicu respons negatif pelaku pasar terhadap rilis Kementerian Keuangan yang mencatat total utang pemerintah hingga akhir Februari 2018 mencapai Rp 4.035 triliun atau naik 13,46 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 3.556 triliun.

“Meski demikian, tetap cermati dan waspada jika terdapat pelemahan lanjutan,” tandasnya.

(ce1/srs/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *