Kota Sukabumi

Panen Kangkung di Lahan Mungil

BAROS – Semakin menyempitnya area pemukiman di wilayah perkotaan, tidak menghalangi warga untuk tetap membudidayakan tanaman hijau. Memanfaatkan lahan tidur di sekitar pekarangan, warga RW04 Kelurahan Jaya Mekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi menanam berbagai sayuran. Salah satunya tanaman kangkung yang baru-baru ini warga beramai-ramai memanen hasil tanaman yang banyak mengandung protein, serat dan vitamin itu.

“Alhamdulilah pas Januari kemarin kita mulai tanam dan sekarang sudah bisa kita petik kangkungnya,”ujar Pendamping Kelompok PKH Rodiah kepada Radar Sukabumi, kemarin(9/3).

Dari hasil panen itu, warga kemudian kembali menjual hasil panennya kepada tetangga sekitar. Dari lahan kosong berukuran 7×4 meter yang disulap menjadi sebuah green house ini ternyata mampu menghasilkan 6 kilogram (Kg) sayuran kangkung.

“Ini hasil kelompok budidaya tanaman di RW sini, dari 6 kg itu kita ikat lagi jadi 20 ikat harganya Rp 2 ribu per ikat,” terangnya.

Uang hasil penjualan kangkung, digunakan untuk merawat tanaman dan juga untuk anggota kelompok.
Sementara itu, setelah puas memetik kangkung, warga setempat langsung menanami ladang kembali dengan tanaman selada bokor dan bayam merah.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close