Fahri: Pak Jokowi Pasti Kalah

JAKARTA – Sejumlah pihak memprediksi akan terjadi pertandingan ulang atau rematch antara petahana Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yakin jika Jokowi berhadapan dengan Prabowo lagi, maka petahana akan tumbang. “Ya pasti Pak Jokowi kalahlah,” kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/3).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku secara ideologis masih sebaris dengan pandangan-pandangan Prabowo dan kawan-kawan, meskipun tidak 100 persen. “Tapi, saya masih melihat ketokohan beliau yang relatif ide-idenya masih bisa diperjuangkan. Apalagi, dengan koalisi yang tidak pernah berubah, sikap-sikapnya itu relatif konsisten,” kata Fahri.

Bacaan Lainnya

Namun, Fahri mengaku pula ingin banyak poros di Pilpres 2019 nanti supaya kontestasi ide dan alternatif pemikiran yang ditawarkan kepada masyarakat lebih beragam. “Karena harus menjawab apa alat yang dipakai untuk (mengatasi) masalah di masyarakat, bagaimana rutenya, bagaimana metodenya. Jadi, harusnya itu ada capres-capres yang banyak,” ungkapnya

Namun sayangnya, ujar Fahri, dengan ambang batas pencalonan presiden 20 persen, publik dikunci kenyataan bahwa kemungkinan maksimal akan ada empat calon. “Tapi kalau lihat orang kumpul-kumpul begitu bisa cuma dua (calon). Bahkan, ada yang inginkan satu tiket melawan kotak kosong gitu. Yang pasti saya akan tentang habis-habisan siapa pun dia,” ujarnya.

Dia mengatakan untuk apa berdemokrasi kalau pada akhirnya hanya calon tunggal. Menurut Fahri, hal itu akan sulit mengecek bagaimana capres menyelesaikan masalah ekonomi dan sebagainya. “Kalau bicara dengan kotak kosong, ya saya bilang hanya perdebatan antara kotak kosong dan kotak kosong,” kata dia. (boy/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *