Ini Loh CSR PLTU

PALABUHANRATU–Keberadaan perusahaan sekala besar seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap UJP (PLTU) Jabar 2 Palabuhanratu tidak hanya membuat sesekali warga merasakan bisingnya. Tetapi, warga di sekitar PLTU (ring 1) juga sudah menikmati manfaatnya. Ya, melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR). Seperti pembuatan bank sampah di Desa Jayanti dan Citarik yang kini sedang digarapnya.

“Sekarang sedang evaluasi pembuatan bank sampah dananya dari Indonesia Power,” kata Manager ADM PT Indonesia Power (IP) UJP PLTU Jabar 2 Palabuhanratu, Irwanto yang didampingi Humasnya, Sigit kepada Radar Sukabumi, Senin (5/3).

Bacaan Lainnya

Bukan hanya di lingkungan masyarakat desa, pihaknya tengan membuat program besar untuk meraih adiwiyata di kalangan pendidikan. Bantuan itu berupa reaword bagi sekolah yang konsen peduli lingkungan.

“Kita meminta datanya dari Badan Lingkungan Hidup, sekolah yang konsen aktif dalam lingkungan hidup itu akan kita suport untuk meraih adiwiyata di tingkat nasional,” bebernya.

Untuk memenuhi indikator sebagai sekolah lingkungan hidup, pihaknya bakal mensuport seluruh kebutuhan sekolah itu. Mulai dari operasional hingga gedungnya.

Selain yang diajukan ke tingkat nasional, pihaknya juga membina sekolah rintisan yang nantinya ditahun mendatang bisa menyusul sebagai sekolah berbasis lingkungan dan meraih adiwiyata.

Syarat yang diajukan untuk meraih adiwiyata itu diantaranya, sekolah hemat energi, bebas sampah dan rindang termasuk memiliki taman (green school).

“Bantuan CSR bukan hanya saat ini, tiap tahun kita menyalurkan. Ada yang program dari kita, ada yang sifatnya pengajuan dari kelompok masyarakat,” tambahnya.

Bukan hanya sekolah berprestasi yang dibantu, CSR PT IP juga digelontorkan kepada sekolah yang tidak layak. Yang sudah bergulir seperti, bantuan renopasi MTs Al-Hidayah Desa Loji, rehab mushala, IP mengajar (pengetahuan kelistrikan PLTU), bantuan pemasaran hasil olahan istri nelayan. Seperti olahan abon dan kerupuk.

“Kalau yang lain seperti bantuan untuk hari besar juga kita bantu. Bantuannya kita langsung menyalurkan kepada kelompok penerima,” imbuhnya.(ryl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *