Music & Movie

Tiga Musisi Tanah Air Wakili Indonesia di SXSW 2018

Tiga musisi tanah air berhasil lolos seleksi dan dipastikan akan manggung di festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia, yakni South by Southwest (SXSW) 2018 yang akan berlangsung pada 9-18 Maret 2018, di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Tiga musisi yang berhasil mewakili Indonesia tersebut adalah band folk indie Efek Rumah Kaca (ERK), duo Kimokal dan rapper yang namanya tengah mendunia Rich Brian. Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ricky Pesik mengatakan bahwa ketiganya terpilih dari sekitar 30 musisi tanah air yang mendaftar.

Ricky menambahkan prestasi ketiga musisi tersebut semakin membanggakan karena proses seleksi langsung dilakukan oleh kurator dari penyelenggara SXSW 2018.

“Kalau yang musik yang menentukan SXSW. Jadi, kita cuma bantu memfasilitasi pendaftaran saja kalau mau atau daftar sendiri juga bisa. Begitu keterima bisa bilang ke Bekraf. Kita nggak punya kewenangan sedikitpun porsi menentukan siapa yang terpilih dan tentunya itu ditentukan kurator musiknya di sana ya,” ungkap Ricky.

Sementara itu, Bekraf memberikan dukungan berupa pembiayaan tiket pulang-pergi untuk lima orang perwakilan dari masing-masing musisi yang akan tampil. Ditambah lagi, biaya menginap selama di Amerika.

“Sebenernya kita membatasi satu grup itu 5 orang jatah dari Bekraf. Kalau lebih dari 5 orang biaya-in sendiri. Lima orang berangkat ke Amerika pulang-pergi termasuk hotel. Kalau panggung udah disediain yah,” ungkapnya.

Untuk semua itu, Ricky mengungkapkan ratusan juta rupiah sudah dikeluarkan pemerintah. Oleh karena itu, biaya kebutuhan lainnya selama di Amerika harus ditanggung oleh masing-masing musisi. Termasuk, jika hendak membawa lebih dari lima orang.

Lebih lanjut, Ricky mengatakan bahwa sebenarnya ada satu grup musik lagi yang lolos seleksi dan akan tampil di SXSW 2018. Tetapi, grup tersebut mengundurkan diri.

Untuk diketahui, ini adalah penampilan perdana bagi ERK dan Rich Brian di panggung SXSW. Sedangkan, bagi Kimokal yang mengangkat konsep musik electronic duo, ini adalah penampilan kedua mereka di festival tersebut.

Sebelumnya, musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW adalah White Shoes & The Couples Company pada 2008. Ada juga Shaggydog yang beraksi di sana pada 2016 lalu.

(str/JPC)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close