EKONOMI

Pertamina EP Pantas Kelola Operator Lapangan Sukowati, Ini Alasannya

Ketua Komite Tetap Regulasi dan Hubungan Kelembagaan di Industri Migas Kadin Indonesia Firlie Ganinduto, mengatakan pemerintah seharusnya segera menunjuk Pertamina EP sebagai operator lapangan Sukowati. Tidak ada alasan bagi pemerintah untuk menolak Pertamina EP menjadi pengelola lapangan tersebut, apalagi PHE sudah mengonfirmasikan kepastian pengalihan lapangan tersebut untuk dikelola oleh Pertamina EP.

“Onshore ini sebenarnya tidak butuh teknologi advance. Untuk mengedepankan keberpihakan kepada perusahaan domestik, pemeirntah harus segera tunjuk Pertamina EP sebagai pengelola lapangan Sukowati,” ujarnya di Jakarta, Rabu (14/2).

Menurut Firlie, Pertamina EP dapat menjadi lokomotif di sektor hulu migas saat menjadi operator lapangan Sukowati. Pertamina EP juga bisa mitra di dalam negeri untuk mememaksimalkan pengelolaan hulu migas di Tanah Air agar lebih efektif.

“Dalam pengelolaan lapangan Sukowati, Pertamina EP bisa bekerja sama dengan mitra strategis lokal dengan memperlakukannya secara profesional, bukan sebagai vendor tapi juga sebagai investor,” katanya.

Firlie menjelaskan, dampak berantai (multiplier effect) pengelolaan lapangan Sukowati oleh Pertamina EP sangat besar karena melibatkan banyak orang di dalam negeri sebagai mitra. Apalagi, Pertamina EP juga terbukti memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan produksi dari lapangan Sukowati.

“Itu artinya kita tidak antiasing. Biarkan saja asing investasi di EOR, deepwater, atau offshore. Kalau onshore, cukup Pertamina EP,” tegasnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close