PENDIDIKAN

27 Siswa TKA Baitussalam Ikut Munaqosah

SUKABUMI— Sebanyak 27 siswa TK Al Qur’an (TKA) Baitussalam mengikuti ujian akhir atau munaqosah dari tanggal 12-14 Februari 2018. Munaqosah ini menghadirkan empat tim penguji, di antaranya, Tim Munaqis Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi, Ustadz Iim Abdul Karim, Kepala TK Al Qur’an Baitussalam, Ustadzah Eneng Hamilah Sopriatul Badriah, serta masing-masing penguji dari guru TK Al Qur’an Baitussalam, Ustadzah, Shofa Shofiah Hidayatullah dan Ustadzah Efni Shofiah.

Tim Munaqis Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi, Iim Abdul Karim menerangkan, hari pertama munaqosah para siswa diuji tentang fiqih/praktik ibadah dan akidah akhlak di Aula TK Al-Qur’an Baitussalam Gedung D. “Munaqosah siswa Baitussalam (MSB) ini dibuka Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Zaenal Mutaqin dihadiri para Pelaksana Seksi PD Pontren, Usman, Neli Hasanah,”sebutnya yang juga disaksikan pihak yayasan dan orang tua siswa.

Selain materi tentang fiqih/praktik ibadah dan akidah akhlak, ada juga materi ujian lain, seperti Al-Qur’an/hafalan surat-surat pendek, hadits/do’a-do’a sehari-hari, akidah akhlak, fiqh/praktik ibadah dan bahasa Arab.
Sementara itu, Kepala TK. Al-Qur’an Baitussalam yang juga Ketua II Forum Komunikasi Pendidikan Al-Qur’an (FKPQ) Kecamatan Cisaat, Ustadzah Eneng Hamilah Sopriatul Badriah mengatakan pelaksanaan munaqosah bertujuan mengevaluasi kurikulum pelajaran dalam mendidik generasi muda yang beriman.

“Selain itu bertujuan bagaimana agar generasi pemuda khususnya TK. Al-Qur’an Baitussalam bisa membaca Al Quran sesuai ilmu tajwid dan melihat sejauh mana keberhasilan program bagi siswa yang mengikuti pelajaran yang diajarkan,”tuturnya.
Pihaknya berharap out put dari Munaqosah Siswa Baitussalam (MSB) ini anak-anak mampu mengerjakan shalat dengan benar, membaca Al Quran, dan menghafal surat-surat sampai doa sehari-hari.”Kita harus berpegang pada pondasi agama. Jadi harus bisa mencetak generasi agar tidak buta baca tulis Al-Qur’an. Apa lagi di zaman yang secanggih ini harus menanamkan nilai-nilai agama yang kuat sebagai bekal anak–anak nantinya,”tandasnya.

Sementara itu, program yang diunggulkan TK Al-Qur’an Baitussalam adalah tahfidz Al-Qur’an dan materi umum. ” Alhamdulillah dapat mewisuda siswa yang hafidz Al-Qur’an 1 juz, 2 juz dan 3 juz yang hafidz Al-Qur’an 3 juz yakni Fathiyyah Zahra Abdul Karim. Semoga di tahun pelajaran 2018-2019 lebih banyak lagi sebagai tahfidz Al-Qur’an di TK Al-Qur’an Baitussalam. Semoga dengan tahfidz Al-Qur’an kehidupan kita menjadi berkah segala-galanya,” ucap syukurnya kepada Allah seraya berdo’a dan berharap.(*/dit)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close