KPU: 80 Persen Masyarakat Sudah di Coklit

SUKABUMI— Hingga hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi melalui Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) sudah melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih sekitar 80 persen. Jumlah tersebut sesuai dengan data pemilih dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) 2018 sebanyak 242.239 pemilih yang diterima Kementerian Dalam Negeri yang merupakan hasil sinkronisasi KPU RI.

“Sampai hari ini hampir 80 persen data pemilih yang sudah di coklit,” ujar Anggota KPU Kota Sukabumi, Harlan Awaludin, (6/2) .

Bacaan Lainnya

Untuk saat ini, kata Harlan proses Coklit sudah memasuki tahapan II dengan target sasaran yakni pemilih pemula, asrama mahasiswa dan perumahan vertical. Tahap kedua ini dilakukan pada dilakukan hingga 8 Januari, mendatang. “Setiap tahapan itu ada targetnya, agar sasaran dalam proses pencokitan itu tepat sasaran,” ujarnya.

Tak dipungkiri kata Harlan ada saja kendala dilapangan saat proses coklit oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dilapangan seperti halnya warga yang tidak ada ditempat, sudah pindah dan lainnya. Menurut Harlan itu hal yang biasa dalam proses Coklit. “Makanya nanti di tahapan ke III dari tanggal 9 sampai 18 Februari, KPU akan menyisir semua pemilih yang tidak bisa ditemui sebelumnya,” ujarnya.

Dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih itu, KPU melakukan supervisi dan monitoring yang dilakukan secara berjenjang mulai dari PPS , PPK dan KPU. Sehingga bisa menghasilkan proses Coklit yang akurat dengan data fakta dilapangan. ” Dengan supervisi dan monitoring itu itu akan menghasilkan proses coklit yang akurat, valid, mutakhir komprehensif dan tepat waktu. ” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *