BP2TL Didik 93 Pelajar SMK

PALABUHANRATU–Sebanyak 93 Pelajar SMKN 1 Palabuhanratu dan SMKN 1 Jampang Kulon mengikuti pendidikan dan pelatiham (diklat) pemberdayaan masyarakat atau Medical First Aids (MFA) Scurity Awarennest Training (SAT), For Seaferer Designated Security Duties (SATSDSD). Diklat yang diselenggarakan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta ini berlangsung  di SMKN 1 Palabuhanratu.

Kepala Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut Jakarta, Sukirno menyebutkan, diklat tersebut merupakan CSR dari Kemenhub RI yang diselenggarakan Badan Pembedayaan Sumberdaya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

“Diklat ini berdasarkan instruksi Presiden RI nomor 9 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia,” papar Sukirno salam sambutan pembukaan di Aula Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jalan Siliwangi, Palabuhanratu, Selasa (6/2).

Dengan sertifikasi tersebut, akan memudahkan para siswa, pendidik dan tenaga kependidikan SMK ini untuk melakukan PKL dan magang. “Kegiatan ini juga untuk mempercepat penyelesaian standar kompetensi kerja nasional,” sebutnya.

Ia berharap, para pelajar yang mengikuti diklat agar bisa memanfaatkannya dengam baik. Lantaran, diklat tersebut gratis karena sepenuhnya dibiayai oleh Kemenhub.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Palabuhanratu, Rio menyebutkan, sejak 1999 sedikitnya ada 78 persen dari 1600 an lulusan SMK binaanya itu bekerja di Pelayaran Jepang, 3 persennya di Thailand, 3 persen di Afrika dan sisanya di tanah air.

“Kita mengutamakan kedisiplinan dan keseragaman. Makanya kita juga berharap pelajar bisa memanfaatkan diklat yang diselenggarakan BPPTL dari Kemenhub ini hingga mendapatkan tiga sertifikasi,” harap Rio yang diamini Guru Bahasa Jepang, Anggun Gusnawan.

Dalam diklat tersebut, peserta diberikan materi dan praktik cara Pertolongan Pertama Pada Kecelakan (P3K), mulai cara memompa jantung, hingga membalut luka dan patah tulang. Sebelumnya, sebanyak 50 SMKN 1 Palabuhanratu juga mengikuti diklat yang diselenggarakan di Kantor BPPTL.(ryl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *