PENDIDIKAN

PTA Ancaman Sekaligus Tantangan

* Menristekdikti Minta Jangan Khawatir

JAKARTA – Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyatakan siap berkolaborasi dengan kampus asing. Hal ini menyusul dengan adanya kebijakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang memperbolehkan perguruan tinggi asing beroperasi di Indonesia.

Menurut Rektor Universitas Tarumanegara (Untar) Prof Dr Agustinus Purna Irawan, masuknya kampus asing bisa sebagai ancaman tapi juga tantangan dan peluang. Ancamannya, kampus asing yang masuk pasti membawa bendera berkualifikasi baik sehingga menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa.

Peluangnya, PTS bisa tahu metode pembelajaran perguruan tinggi asing (PTA) sehingga bisa ditiru. PTS juga lebih tertantang untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

“Intinya PTS tidak usah takut dengan hadirnya PTA. Kalau punya kekhasan pasti tetap dilirik calon mahasiswa kok. Kami tetap optimistis tetap dilirik masyarakat karena dari luar negeri saja tertarik kuliah di sini,” terang Prof Agustinus saat melepas 20 mahasiswa Untar untuk belajar di Kun Shan University Taiwan, Rabu (31/1).

Dia menambahkan, sampai saat ini ada 20-an PTA yang sudah menandatangani kerja sama dengan Untar. Bahkan di 2018, pihaknya telah mendeklarasikan untuk go international. Untuk mendukung itu, universitas menambah mata kuliah Bahasa Inggris.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close