DPRD Kabupaten Sukabumi

Ade Dasep: Dalami Alquran untuk Bangun Karakter Bangsa

SUKABUMI— Sebagai bangsa yang mayoritas penduduknya muslim, sudah saatnya masyarakatnya mendalami dan menjalankan kitab suci Alquran agar sejahtera dan maju. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi Ade Dasep Zaenal Abidin. Merujuk pada Surat Yunus ayat 57 yang berbunyi ‘Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman’ membuktikan bahwa jika manusia atau bangsa ini dianggap sedang sakit maka obatnya tiada lain dengan kembali memahami dan menjalankan Isi Alquran

“Saat ini, kita perlu tuntunan Al-Qur’an untuk menata kehidupan masyarakat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan Indonesia agar lebih maju, lebih toleran, dan bebas dari kemiskinan,”ujar Ade yang juga sebagai pendiri sekaligus penanggung jawab Baldatun Center pada saat Jumling Putaran ke enam di Masjid Albarokah Desa Hergamanah Kecamatan Cicantanyan Kabupaten Sukabumi Pada Jumat (26/1)

Untuk menghadapi berbagai masalah seperti kemiskinan, ketimpangan ekonomi dan belum meratanya pembangunan di seluruh wilayah di Kabupaten Sukabumi dan di Jawa Barat umumnya Tanah Air ini. Hanya dengan pedoman Al-Qur’an lah bisa memecahkan masalah itu. Karena Alquran mengajarkan kesabaran, tawakal, optimis, kreatif, agar menjadi bangsa pemenang.

“Saya ingat kata Napoleon, yang seorang orientalis berkebangsaan Perancis mengatakan The principle of Quran with alone of tracking can lead man to happiness, Al-Qur’an adalah prinsip dan merupakan satu-satunya kitab suci yang dapat menghantarkan kepada kepulauan nan bahagia. Nah itu yang harus dijadikan acuan, “tegasnya

Dengn sudah di Launchingnya Gerakan Bebas Buta Tulis Alquran oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami, sejalan dengan marwah islam agar dalam visi dan misi mewujudkan Kabupaten Sukabumi lebih baik terkabul. Dalam Buku Aliz Nafsaka bil Quran yang dikarang oleh Abu Farida Muhammad Ijat mengatakan bahwa Alquran adalah obat yang sempurna bagi segala penyakit baik penyakit zhahir maupun bathin. Sekarang tinggal bagaimana kitanya sebagai umat, mau sembuh atau tidak tergangtung masyarakat.

“Kedepan saya berharap, Masyarakat Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat bisa mendalami Alquran dan menjalankannya agar berkehidupan aman damai akibat iman. Sesuai dengan Surat Al-A’raf ayat 96 yang mengatakan ‘Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. Itukan sudah jelas, mari kita renungkan bersama-sama, “tegasnya. (die)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close