63 Rusak Akibat Gempa

SUKABUMI – Guncangan gempa yang terjadi kemarin (23/1) siang, ternyata mengakibatkan kerusakan para di beberapa wilayah baik di Kota maupun Kabupaten Sukabumi. Tapi, kondisi terparah terjadi di Kabupaten Sukabumi.

Dari 47 kemcamatan yang tersebar, 30 diantaranya puluhan rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, guncangan gempa tersebut, telah mengakibatkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya

Kecamatan yang terdampak antara lain, Sagarenten, Parakansalak, Jampangkulon, Simpenan, Cisaat, Kebonpedes, Gunungguruh, Parungkuda, Kalapa Nunggal, Cikidang, Waluran, Lengkong, Nagrak, Cibadak, Cibitung, Kabandungan, Bantargadung, Caringin, Warungkiara, Cisolok, Cidolog, Ciambar, Nyalindung, Palabuhanratu, Kalibunder, Cidahu, Jampangtengah, Cikembar dan Kecamatan Pabuaran.

“Berdasarkan laporan sementara yang kami terima dari petugas dilapangan, dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi, terdapat 30 kecamatan yang menjadi korban gempa bumi. Hasil dari rekap BPBD, baru ada 61 bangunan yang rusak terdiri dari rumah warga dan fasilitas umum. Seperti sekolah, masjid, rumah dan klikik,” jelas Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman saat dihubungi Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, selasa(23/1).

Menurut Eka, guncangan gempa tersebut dirasakan kuat dan dampaknya hampir merata. Seperti, gentingnya pada jatuh, dinding rumah warga jebol dan lainnya. Untuk korban jiwa dan jumlah seluruh kerusakan, pihaknya belum bisa mengetahuinya secara pasti.

Sebab, masih melakukan monitoring dengan mengerahkan anggota relawan di masing-masing daerah untuk mengetahui perkembangan selanjutnya. “Saya belum bisa menaksir berapa kerugian materil akibat guncangan gempa ini. Sebab, kami masih melakukan inventarisir dan memfokuskan pada titik keselamatan warga,” paparnya.

Untuk itu, BPBD Kabapaten Sukabumi menghimbau kepada seluruh element, khusnya pada para camat se-Kabupaten Sukabumi dan para relawan di daerah masing-masing agar segera melaporkan dan membuat berita acara jika diwilayahnya terjadi kerusakan akibat gempa tersebut.

“Selain itu, camat juga dianjurkan agar selalu siaga dan waspada hingga situasi memungkinkan aman. Hal ini sengaja dilakukan, agar semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Khsusnya dalam menangani dan membantu warga yang menjadi korban akibat guncangan gempat tersebut,” pungkasnya.

Sementara BPBD Kota Sukabumi mencatat, sedikitnya dua rumah yang rusak akibat guncangan gempa tersebut. Diantaranya, di Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu dan Lamping, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. “Kerusakan cukup parah terjadi di Lembursitu. Satu rumah atapnya ambruk. Sementara di Lamping, pagar rumah jebol,” kata Kepala BPBD Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan kepada Radar Sukabumi, selasa (23/1).

Namun lanjut Asep, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Sementara untuk kerugian, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan kerusakan. “Untuk kerugian kami belum bisa memprediksikan. Saat ini kami masih melakukan pendataan kelapangan,” tuturnya.

Pihaknya kini terus melakukan koordinasi dengan petugas dilapangan, pihak kelurahan dan kecamatan untuk memastikan kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. “Kami masih melakukan monitoring dengan mengerahkan anggota relawan di masing-masing kecamatan untuk mengetahui perkembangan. Jadi belum terdata semua. Jika ada perkembangan terbaru segera kita infokan,” papar Asep.

Dirinya menghimbau, masyarakat lebih waspada ketika terjadi gempa disarankan agar keluar dari rumah. Hal tersebut, untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Mudah-mudahan tidak ada lagi gempa susulan, saya harap warga bisa meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (cr13/cr16/3)

DAMPAK GEMPA DI 30 KECAMATAN

1. Kecamatan Sagarenten
-Dua ruma dan satu bangunan SDN Bojong Koneng rusak sedang

2. Kecamatan Parakansalak
-Satu rumah rusak sedang

3. Kecamatan Jampangkulon
-Dua rumah rusak

4. Kecamatan Cimpenan
-Satu rumah rusa

5.Kecamatan Cisaat
-Satu rumah dan satu bangunan PAUD rusak ringan

6. Kecamatan Kebonpedes
-Satu rumah rusak sedang

7. Kecamatan Gunungguruh
-Satu rumah rusak sedang

8. Kecamatan Parungkuda
-Dua rumah dan satu klinik umum mengalami kerusakan ringan.

9. Kecamatan Kalapanunggal
-Tiga rumah rusak

10. Kecamatan Cikidang
-Lima rumah rusak

11. Kecamatan Waluran
-Satu rumah rusak ringan

12. Kecamatan Lengkong
-Lima rumah rusak

13. Kecamatan Nagrak
-Empat rumah rusak

14. Kecamatan Cibadak
-Bangunan RSUD Sekarwangi dan satu rumah rusak ringan

15. Kecamatan Kabandungan
-Tiga rumah rusak ringan dan berat

16. Kecamatan Bantar Gadung
– Empat rumah rusak

17. Kecamatan Caringin
-Tiga rumah rusak

18. Kecamatan Warungkiara
-Empat rumah rusak

19. Kecamatan Cisolok
-Satu rumah rusak ringan

20. Kecamatan Cidolog
-Satu rumah rusak sedang

21. Kecamatan Ciambar
-Dua unit rumah rusak sedang

22. Kecamatan Nyalindung
-Dua unit rumah rusak ringan

23. Kecamatan Palabuhanratu
-Satu rumah rusak ringan

24. Kecamatan Kalibunder
-Satu bangunan SDN Bojongsari rusak sedang dan satu rumah rusak ringan.

25. Kecamatan Cidahu
-Satu rumah rusak ringan

26. Kecamatan Jampangtengah
-Satu rumah rusak

27. Kecamatan Cikembar
-Dua unit rumah rusak ringan

28. Kecamatan Pabuaran
-Satu rumah rusak

29. Kecamatan Cibitung
-Satu rumah rusak ringan

*Sumber : BPBD Kabupaten Sukabumi
*Keterangan : Data masih bersifat sementara

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *