SEPAKBOLA

Sepak Bola Indonesia, Meningkat Dari Daftar Rangking Fifa

FIFA kembali merilis daftar ranking negara-negara anggota periode Januari 2018. Dalam ranking terbaru, Indonesia berhasil melambung dua anak tangga dan kini menempati urutan ke-160. Sementara, Jerman masih tak tergoyahkan dari posisi teratas.

Indonesia berhasil menempati ranking 160 berkat koleksi 121 poin. Ini memang bukan ranking terbaik Indonesia yang pernah menduduki peringkat ke-76 pada 1998. Namun, pencapaian ini tetap patut diapresiasi mengingat Indonesia sempat dikucilkan oleh FIFA selama kurang lebih setahun karena adanya intervensi pemerintah.

Kini, sepak bola Indonesia perlahan kembali menggeliat. Setelah sempat berada di bawah Kamboja, Singapura, dan Malaysia, kini Merah Putih mampu menjadi tim terbaik kelima di Asia Tenggara, di bawah Vietnam, Filipina, Thailand, dan Myanmar.

Pencapaian Indonesia pun kontradiktif dibanding negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Laos, yang justru mengalami penurunan peringat pada ranking FIFA edisi Januari 2018. Singapura berada di peringkat ke-173, Malaysia ke-175, dan Laos ada di urutan ke-183.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close