PENDIDIKAN

Mahasiswa Dituntut Terampil

* Menghadapi Era Revolusi Industri

JAKARTA — Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meminta perguruan tinggi untuk mulai membekali mahasiswanya dengan berbagai macam keterampilan dan inovasi. Keduanya, dinilai wajib dimiliki semua mahasiswa sebagai modal untuk menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Mahasiswa harus menjadi live long leaner atau menjadi pembelajar yang belajar seumur hidup. Artinya mahasiswa harus terampil, terus belajar dengan hal-hal baru,” kata Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin dalam pembukaan Pekan Pendidikan Tinggi Jakarta (PPTJ) 2018 di JiExpo, kemarin (22/1).

Dia mengatakan, prinsip live long leaner diyakini mampu menjawab perkembangan zaman dan teknologi digital yang terus berkembang pesat. Selain itu, keterampilan dan inovasi akan bisa mencetak lulusan perguruan tinggi yang handal dan bisa bersaing secara nasional maupun internasional. “Berarti mahasiswa yang dibekali dengan berbagai macam keterampilan itu, ya, agar dirinya mampu bersaing di dunia kerja,” tegas Didin.

Maka dari itu, Didin berpesan agar semua perguruan tinggi mampu mendorong mahasiswanya untuk terus berinovasi. Dengan ditunjang kurikulum, fasilitas dan sarana prasana kampus, dia yakin, mahasiswa akan semakin mudah dicetak menjadi generasi yang mampu menghadapi revolusi industri 4.0.

Sementara itu, dalam kegiatan PPTJ 2018 yang digelar mulai 22 hingga 24 Januari 2018 di JiExpo Kemayoran Hall A1 ini, merupakan kegiatan diskusi dan pameran yang dimeriahkan oleh 75 institusi pendidikan dari dalam maupun luar negeri. Koordinator Kopertis Wilayah III Jakarta, Illah Sailah mengatakan semua perguruan tinggi wajib mengikuti perkembangan dan perubahan zaman.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close