Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung

LAMPUNG – Pemerintah secara masif terus mengembangkan sejumlah proyek infrastruktur. Kali ini, Presiden Joko Widodo meresmian pengoperasian jalan tol Bakaheuni-Terbanggi Besar di Lampung. Untuk uji coba, jalan tol pertama di Lampung ini, akan digratiskan tanpa tarif sementara waktu.

“Pembangunan infrastruktur sangat penting agar bisa bersaing dengan negara-negara lain. Ketersediaan infrastruktur Indonesia masih sangat kecil bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga, baik jalan, pelabuhan, airport dan pembangkit listrik. Dari hal ini, tentu menjadi menjadi fokus kita,” kata Jokowi di Gerbang Tol Bakauheni Selatan, minggu (21/01).

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, peresmian ini dilakukan agar jalan tol dari Bakauheni sampai Palembang bisa diselesaikan. Meski ada kendala, seperti pembebasan lahan, lanjutnya, ia ingin agar jalan tol ini selesai sebelum Asean Games berlangsung.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar sendiri memiliki dua paket pengerjaan yang telah selesai.

Pada Paket 1, yaitu Bakauheni – Sidomulyo, Segmennya adalah Pelabuhan Bakauheni – Simpang Susun (SS) Bakauheni yang sepanjang 8,9 kilometer (km). Lalu untuk Paket 2 sendiri, dari Sidomulyo-Kotabaru, yakni Segmen SS Lematang – SS Kotabaru dengan panjang 5,6 km.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *