WISATA

Berencana Liburan Long Weekend 3 Hari 2 Malam di Cirebon, Begini Itinerary-nya

Kota cantik yang berada di ujung Provinsi Jawa Barat ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dengan akses kendaraan yang mudah dari Jakarta, Cirebon bisa jadi alternatif lokasi liburan yang menyenangkan dan bisa dinikmati ketika akhir pekan tiba.

Punya rencana liburan long weekend di Cirebon tapi belum tahu bakal ke mana saja? Itinerary berikut ini mungkin bisa membantumu merencanakan liburan nanti.

Hari Pertama

  • Tiba di Penginapan

Berangkatlah pagi dari Jakarta agar tidak terjebak macet di jalanan. Meski tol Cipali sudah dibuka, namun alangkah baiknya jika menghindari kemacetan yang biasa terjadi di liburan long weekend agar liburanmu jadi lebih nyaman.

Begitu tiba di Cirebon, lakukan check-in tepat waktu, sekitar pukul 14.00 WIB. Ada banyak penginapan di Cirebon yang bisa kamu pilih, dan untuk menghemat biaya, check in pada waktunya saja agar tidak terkena charge tambahan karena masuk penginapan lebih awal.

  • Gua Sunyarangi

 

Goa Sunyaragi, Cirebon. sumber:pergidulu.com

Setelah bersih-bersih dan istirahat sejenak, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Gua Sunyarangi. Tempat ini tidak hanya memiliki sisi historis yang menarik, tapi juga keindahan alam yang unik. Untuk mendapatkan foto terbaik, datanglah ke Gua Sunyarangi ketika matahari masih bersinar terang.

  • Berburu Empal Gentong

Setelah puas mengelilingi Gua Sunyarangi, sekarang saatnya mengisi perut dengan kuliner khas Cirebon, Empal Gentong. Makanan ini bentuknya mirip soto namun memiliki rempah berbeda, dengan bahan utama daging yang dimasak berkuah di dalam gentong dari tanah liat. Aroma dari gentong inilah yang membuat masakan ini unik dan lezat. Setelah kenyang, lanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

  • Cirebon Waterland

sumber:tomodachicirebon.com

Tidak ada tempat lain yang lebih sempurna untuk menikmati matahari terbenam di kota ini selain Cirebon Waterland. Langit senja di tempat wisata ini benar-benar cantik dan sempurna, dengan semburat warna jingga kemerahan ketika cuaca cerah.

Kamu bisa menikmati momen sunset di Cirebon Waterland sampai sekitar pukul 19.00 malam. Dalam perjalanan pulang dari hotel yang mungkin kamu pesan dari situs travelterbesar seperti Traveloka, kamu bisa membeli tahu gejrot yang banyak terdapat di pinggir jalan sebagai cemilan malam di hotel.

Hari Kedua

  • Keraton Kasepuhan Cirebon

Setelah sarapan pagi, tujuan pertama di hari kedua adalah Keraton Cirebon. Sampai saat ini, tempat yang dulunya pusat Kerajaan Cirebon ini masih ditinggali oleh keluarga Kasunanan Cirebon. Namun setiap harinya dibuka untuk masyarakat umum sebagai museum dan cagar budaya.

  • Berburu Nasi Jamblang

sumber:pintuwisata.com

Puas belajar sejarah di Keraton Cirebon, kamu bisa berburu Nasi Jamblang yang juga merupakan makanan khas kota ini. Ada banyak pilihan tempat makan Nasi Jamblang, cari saja yang paling dekat dengan rute perjalanan kamu ke lokasi berikutnya.

  • Makam Sunan Gunung Jati

Nggak lengkap rasanya main ke Cirebon tapi tak mampir ke makam Sunan Gunung Jati yang merupakan satu dari 9 Wali Songo yang pernah hidup di Pulau Jawa. Makam ini berada Gunung Jati, dengan arsitektur megah yang merupakan perpaduan antara budaya Cina, Arab dan Jawa.

  • Bukit Gronggong

Destinasi lain yang tak kalah menarik di Cirebon selain makam Sunan Gunung Jati adalah Bukit Gronggong. Dari puncak bukit ini, kamu bisa melihat indahnya warna-warni kota Cirebon di malam hari.

Perjalanan dari makam Sunan Gunung Jati menuju Bukit Gronggong cukup memakan waktu. Segeralah beranjak dari Gunung Jati sebelum matahari terbenam, agar bisa menikmati Bukit Gronggong dengan puas

Hari Ketiga

Setelah sarapan dan check out dari penginapan di Cirebon, lanjutkan perjalanan ke beberapa tempat wisata  yang berada di pusat kota.

  • Kawasan Batik Trusmi

Berburu oleh-oleh atau sekedar melihat-lihat, kawasan Batik Trusmi adalah tempat terbaik untuk mencari batik khas Cirebon. Di sini kamu bisa melihat secara langsung pembuatan batiknya dan juga membeli langsung dari pengrajinnya.

  • Berburu Nasi Lengko

Setelah mendapatkan batik, iciplah Nasi Lengko sebagai menu makan siang terakhir di Kota Cirebon. Tak lengkap rasanya kalau ke Cirebon tapi tak mencicipnya, dan kamu juga bisa membungkus makanan ini untuk dibawa pulang ke rumah.

Perut kenyang, oleh-oleh di tangan, sekarang bersiap untuk perjalanan pulang. Cukup puas bukan liburan long weekend di Cirebon.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close