CIANJUR

Kampung Budaya Padi Pandanwangi Zaman Now

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan pembangunan Kampung Budaya Padi Pandanwangi, di Desa Mekarwangi Kecamatan Warungkondang.

Luas lahan 12 hektar lebih yang membentang di Kecamatan Warungkondang, saat ini mulai berbeda. Dimana, terdapat beberapa bangunan khas jaman dulu, yakni bangunan panggung.

Ya, dari 12 hektar tersebut, terdapat 1,3 hektar yang dijadikan area bangunan.

Hal ini merupakan upaya pemerintah dalam menjaga keberlangsungan produk kearipan lokal kebanggaan Cianjur.

Fasilitas yang tengah dibangun ini meliputi bangunan musium tani, dimana alat–alat pertanian akan terpajang, khususnya yang berkaitan dengan padi pandan wangi.

Ada juga bangunan pendopo mini yakni tempat berkumpul para petani untuk berdiskusi, ada tempat informasi sekitar padi Pandan Wangi, rumah pegawai, bangunan 7 lumbung padi, sarana ibadah dan area parkir juga akan dilengkapi sky Walk yang dikhususkan bagi para pengunjung yang tidak menginjakan kakinya secara langsung di pematang sawah dan Gapura.

Hal itu dituturkan Kepala Seksi Pengembangan Budaya Pariwisata Dedi Suryadi, yang didampingi oleh Alit Dadang Hilman, Kepala Seksi Kelembagaan Kepariwisataan Kabupaten Cianjur saat ditemui dilokasi tersebut.

(radar cianjur/jun)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close