Harga Daging Ayam Melambung *Pedagang Ancam Mogok Jualan

SUKABUMI – Harga daging ayam, terus mengalami kenaikan dalam beberapa hari terakhir. Di Kota Sukabumi, sejak awal tahun 2018, sejumlah harga kebutuhan pokok diantaranya beras dan cabai terus meroket.

Bahkan, di sejumlah daerah lainnya harga ayam ras segar tembus Rp40 ribu per kilogram (kg). Harga tersebut meningkat tajam dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen yang menetapkan penjualan daging ayam ras dari petani sebesar Rp18 ribu per kg dan di tingkat konsumen Rp32 ribu per kg.

Bacaan Lainnya

Salah satu pedagang daging ayam potong di Pasar Gudang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Abay menuturkan, harga daging ayam yang ia jual sekarang Rp36 ribu per kg.

“Kalau harga normalnya sekitar Rp30 ribu per kilogram ya, tetapi selama beberapa pekan ini harga ayam terus naik dan sekarang harganya Rp36 ribu per kg,”ungkap Abay kepada Radar Sukabumi, kamis, (18/1).

Ia pun tidak tahu persis kenapa harga ayam terus naik.

“Dari peternaknya juga udah mahal sih,”ujarnya.

Kenaikan harga ayam ini tidak hanya di Sukabumi, tetapi juga terjadi di beberapa kota bahkan di Bandung dan Cianjur sudah terjadi demo oleh sejumlah pedagang ayam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *