LIGA SPANYOL

Madrid Tumbang dari Villarreal, Santiago Bernabeu Kehilangan Tuah

Real Madrid 0-1 Villarreal

Ada apa dengan Santiago Bernabeu musim ini? Pertanyaan itu wajar mencuat usai hasil mengejutkan yang diraih Real Madrid ketika menjamu Villarreal, Sabtu (13/1) malam WIB. Tampil di kandang sendiri, Madrid takluk 0-1 dari tim berjuluk Kapal Selam Kuning tersebut.

Bagi Madrid, kekalahan ini makin memperburuk citra mereka di kandang sendiri pada musim ini. Di pentas Divisi Primera musim ini, Los Blancos – julukan Madrid, sudah 3 kali kalah saat mentas di Santiago Bernabeu. Sebelumnya, tim asuhan Zinedine Zidane itu kalah 0-1 dari Real Betis, dan 0-3 dari Barcelona.

Bahkan, raihan poin kandang pada musim ini sangat minim bagi Madrid. Dari 10 laga kandang yang sudah dilakoni, Madrid hanya 5 kali menang, 2 kali imbang, dan 3 kali kalah. Mereka hanya mendulang 17 angka dari maksimal 30 poin. Artinya, ada 13 angka yang mereka buang.

Selain itu, Madrid juga terindikasi tengah menjalani tren minor. Maklum saja, dalam 3 laga terakhir di semua ajang, Madrid tak pernah meraih kemenangan. Ditahan imbang Celta Vigo 2-2, seri 2-2 melawan Numancia di Santiago Bernabeu, dan kemudian kalah 0-1 dari Villarreal di Santiago Bernabeu.

Sementara itu, bagi Villarreal, justru menjadi sejarah besar. Untuk pertama kalinya mereka mampu menang di Santiago Bernabeu. Tengok catatan mereka sebelum laga ini. Dari 18 kunjungan ke Santiago Bernabeu di semua ajang, Villarreal kalah 13 kali dan imbang 5 kali, tanpa kemenangan. Namun, kemenangan akhirnya diraih kali ini. Hasil 1-0 pada Sabtu (13/1) malam WIB merupakan kemenangan pertama Villarreal di Santiago Bernabeu.

Pahlawan kemenangan Kapal Selam Kuning adalah Pablo Fornals yang mencetak gol pada menit 87. Justru saat mereka tertekan, mampu mencetak gol dan dilakukan pada menit akhir laga.

Berdasar statistik, Madrid sangat dominan. Mereka melakukan penguasaan bola hingga 56%. Bandingkan dengan Villarreal yang hanya 44%. Dalam hal tendangan ke gawang, Madrid melepaskan 28 tembakan (8 tepat sasaran), sedangkan Villarreal hanya 9 tembakan (5 tepat sasaran).

Ada catatan menarik dari Madrid dalam laga ini. Mereka menjadi tim pertama di Divisi Primera musim 2017-2018 yang mampu melepaskan tembakan sebanyak 28 kali. Jumlah itu yang terbanyak dari klub lain musim ini. Tapi, tak ada yang berbuah gol. Ironis.

Dengan kekalahan tersebut, Madrid semakin tertinggal dari tim pesaing, terutama Barcelona. Saat ini mereka baru mengemas 32 angka. Sementara, Barcelona sudah mengoleksi 48 poin. Selisih akan semakin besar andai Barcelona mampu menang atas Real Sociedad pada Senin (15/1) dini hari WIB.

Pelatih Zinedine Zidane pun frustrasi. Dia menilai Madrid tak layak kalah. “Kami tak pantas mendapatkan hasil seperti ini. Kami mendapat banyak peluang, namun bola seperti tak mau masuk ke gawang Villarreal. Kami telah melakukan segalanya dan tak ada penjelasan kenapa bola enggan masuk. Saya tak akan mengkritisi pemain, ini adalah periode minor. Itu yang terjadi,” beber Zidane seperti dilansir Football Espana.

Sementara itu, pelatih Villarreal, Calleja, tak bisa menyembunyikan kegembiraannya. “Kami tentu saja senang bisa mendapat tiga poin dari tempat yang sangat menyulitkan. Kami pun telah membuat sejarah hari ini. Kami selalu percaya bisa melakukannya,” sebut Calleja.

Real Madrid 0-1 Villarreal
(Fornals 87)
SUSUNAN PEMAIN
Real Madrid: Keylor; Carvajal, Varane, Nacho, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Isco (Vazquez 70); Bale (Asensio 70), Ronaldo
Pelatih: Zinedine Zidane

Villarreal: Asenjo; Mario, Bonera, Alvaro, Jaume; Raba (Cheryshev 46), Trigueros, Rodri, Castillejo (Rukavina 83); Fornals; Bacca (Unal 76)
Pelatih: Calleja

(epr/Football Espana/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close