PILGUB JABARPILKADA KOTA SUKABUMIPOLITIKSUKABUMI

Fantastis Anggaran Pilkada Serentak 2018, Setara Dengan Dua Kali Pembangunan Tol Bocimi

SUKABUMI— Anggaran Pilkada Serentak di 171 daerah memakan anggaran yang fantastis. Bagaimana tidak, anggaran pilkada untuk 566 pasangan calon (paslon) yang diterima KPU akan menghabiskan anggaran Rp12,2 Triliun, hal itu setara dengan dua kali lipat anggaran pembangunan Tol Bogor -Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang hanya memakan anggaran Rp6,7 triliun lebih.

Pilkada yang saat ini baru memasuki tahapan pendaftaran pasangan bakal calon calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Diketahui, sebanyak 570 pasangan calon (paslon) yang mendaftar. Rinciannya, yang didukung partai atau koalisi partai berjumlah 440 paslon, sementara jalur perseorangan sebanyak 130 paslon.

Dari 570 paslon yang mendaftar, sebanyak 4 paslon ditolak. Artinya, hanya ada 566 paslon yang pendaftarannya diterima KPU.

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada total sebesar 12,2 triliun.

NPHD bersumber dari APBD masing-masing daerah yang menyelenggerakan pilkada.

Pilkada serentak tahun ini akan digelar pada 27 Juni 2018 di 171 daerah pemilihan yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.(jar/die/rmol)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close