10 Persen Soal USBN Esai

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menuturkan, soal Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) nantinya 10 persen berbentuk esai. Muhadjir menuturkan porsi soal esai 10 persen itu ditujukan agar siswa bisa beradaptasi dengan model soal baru yang selama ini semuanya pilihan ganda.

Soal esai juga ditujukan untuk menaikan secara bertahap standar evaluasi dan standar kompetensi siswa. Sehingga para siswa bisa memiliki kemampuan 4 C. yakni critical thinking, collaboration, communication skill, dan creativity and innovation.

Bacaan Lainnya

”Itu tidak mungkin siswa itu hanya dipatok kemampuanya bisa menyelesaikan soal-soal multiple choice,” ujar Muhadjir di Kantor Kemendikbud, belum lama ini.

Bisa jadi pemerintah akan menaikan porsi 10 persen soal esai itu menjadi 20 persen pada tahun berikutnya sesuai hasil evaluasi. USBN untuk jenjang SD akan diberlakukan bagi tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika.

Tidak seperti yang muncul sebelumnya dengan delapan mata pelajaran. Mata pelajaran tersebut sebelumnya merupakan mata pelajaran yang diujikan dalam US/M. Komposisi soal itu akan dibuat oleh pemerintah pusat sekitar 25 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *