SEPAKBOLA

Neymar Termahal, Setara 3 Cristiano Ronaldo

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar, masih menyandang status pesepak bola termahal sedunia. Tak cuma sat ditransfer PSG dari Barcelona pada awal musim 2017-2018, pun harga jualnya di pasaran (market value) saat ini. Bahkan, market value Neymar setara dengan membeli tiga orang Cristiano Ronaldo!

Fakta ini tentu mengejutkan. Bagaimana tidak, Ronaldo baru saja dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik dunia oleh FIFA dan France Football melalui Ballon d’Or. Namun nyatanya, dari hasil riset yang dirilis CIES Football Observatory pada 5 Januari lalu, harga jual alias market value Ronaldo sudah sangat turun.

Indikator yang melatari hasil riset CIES Football Observatory bukan sekadar kemampuan atau prestasi, pun terkait usia, sisa kontrak, dan lainnya. Neymar, yang masih berusia jauh lebih muda dari Ronaldo, ditempatkan sebagai pemain dengan market value tertinggi, yakni 213 juta euro. Pemain timnas Brasil itu mengungguli Lionel Messi (202 juta euro) dan Harry Kane (195 juta euro) yang menempati tiga besar teratas.

Lalu, ada di posisi berapa Ronaldo? CIES Football Observatory ternyata hanya menempatkan Ronaldo di urutan ke-49 dengan nilai jual pasaran sebesar 80,4 juta euro. Dengan kata lain, harga satu Neymar bisa untuk membeli tiga orang Ronaldo sekaligus. Tinggal menambahkan 28 juta euro saja!

Dalam hal usia, cukup wajar memang jika harga Ronaldo sudah semakin menurun. Saat ini kapten Timnas Portugal itu sudah berumur 32 tahun. Hanya beberapa tahun tersisa jelang akhir kariernya. Sementara, Neymar justru masih berada di usia emas, yakni 25 tahun.

Dalam 10 besar daftar pemain dengan nilai jual tertinggi versi CIES Football Observatory, hanya Messi yang sudah berumur kepala tiga. Sisanya masih berada di kisaran usia 20-an. Menariknya lagi, kasta teratas Liga Inggris, alias Premier League, menjadi penyumbang nama terbanyak di daftar 10 besar. Ada lima nama di dalamnya: Kane, Dele Alli (Tottenham Hotspur), Kevin De Bruyne (Manchester City), Romelu Lukaku, dan Paul Pogba (Manchester United).

Philippe Coutinho, yang baru saja dibeli Barcelona dari Liverpool dengan dijadikan sebagai pemain termahal ketiga dunia di bawah Neymar dan Kylian Mbappe, justru hanya ada di posisi ke-16. Coutinho dihargai 123 juta euro oleh CIES Football Observatory.

Namun, dengan kedatangan Coutinho, Barcelona kini memiliki kuartet lini depan dengan harga jual tertinggi. Perpaduan Messi, Coutinho, Luis Suarez (128,7 juta euro), dan Ousmane Dembele (96 juta euro). Harga jual keempatnya saat ini jika ditotal mencapai 549 juta euro atau setara Rp 7,3 triliun.

Nilai jual itu bahkan bisa digunakan untuk membiayai gaji Presiden Republik Indonesia selama 12 tahun! Tambahan informasi, gaji Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditaksir sebesar Rp 62,7 juta per tahun.

Akan tetapi, riset yang dilakukan CIES Football Observatory bukan satusatunya acuan dalam menentukan harga jual pasaran setiap pemain. Bahkan, nilainya berbeda dengan rilis di beberapa situs. Transfermarkt contohnya, yang menempatkan Messi di urutan teratas dengan market value sebesar 162 juta euro, unggul atas Neymar (135 juta euro).

(ira/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close