MENGENAL DAN MENCEGAH BUDUKAN / SKABIES

Penyulit diagnosis skabies terjadi jika penderita datang dengan lesi kulit yang sudah disertai infeksi lain.

Infestasi skabies akibat transmisi dari orang lain, diantaranya dari anggota keluarga, teman, kunjungan ke panti, tempat penitipan anak, dll.

Bacaan Lainnya

Meskipun demikian skabies juga dapat terjadi pada orang bersih (scabies cultivated) dengan hygiene baik, tetapi pada mereka gatal tidak terlalu parah, dan daerah yang terkena biasanya hanya sela jari dan pergelangan tangan, dan bintil pada kulit tidak banyak.

Pada skabies yang lebih berat atau skabies krustosa biasanya ditandai dengan lesi kulit berupa keropeng dan sisik yang luas, berbeda dengan gejala skabies pada umumnya, gatal pada skabies krustosa bersifat ringan, tetapi jenis scabies ini bersifat sangat menular dan jumlah kutu sangat banyak dari ribuan hingga jutaan kutu.

Skabies ditularkan melalui kontak langsung kulit dengan kulit penderita. Umumnya, penyakit ini diderita oleh orang yang tinggal berkelompok, misalnya pesantren, tempat kos dan tinggal sekamar Skabies juga dapat tertular melalui medium lain seperti handuk, sprei, tempat tidur dan sofa berbahan kain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *