Kota SukabumiSUKABUMI

KA Sukabumi – Cianjur Minim Peminat

SUKABUMI – Keberadaan Kereta Api Perintis Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi yang telah dioperasikan sejak memasuki tahun 2018 lalu, hingga kini masih minim peminat. Lonjakan penumpang hanya terjadi saat menjelang akhir pekan saja.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Sukabumi Heru Salam mengakui sejak hadirnya KA Perintis Siliwangi, jumlah penumpangnya tidak seramai pengguna jasa KA jurusan Sukabumi-Bogor atau sebaliknya.

“KA Perintis Siliwangi ini belum bisa menjadi kebutuhan penumpang. Sampai saat ini keberadaan KA Perintis Siliwangi tersebut bisa dikatakan sebagai kereta wisata, karena ramainya penumpang hanya saat weekend saja,”ujar Heru kepada Radar Sukabumi, baru-baru ini.

Masih kata Heru, di hari weekend jumlah penumpang KA Perintis Siliwangi mencapai 150 persen per hari. Sedangkan di hari biasa, penumpang hanya mencapai 30 persen per hari.

“Beda dengan jurusan ke Bogor, karena penumpang yang menggunakan KA jurusan Bogor ini kebanyakan memiliki tujuan untuk bekerja, karena itulah setiap harinya selalu ramai penumpang,”tuturnya.

Pengoperasian KA Perintis Siliwangi dengan rute Cianjur-Sukabumi pada 2018 itu, berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 552 pada 2017. (cr17)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close