JAWA BARATPemprov Jabar

BOS Diduga Diselewengkan, Ratusan Pelajar SMAN 1 Demo

SUKABUMI – Ditenggarai, terjadi penyimpangan pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMAN 1 Jatiluhur Purwakarta. Kepsek SMAN 1 Jatiluhur, Popong Siti Rantasari didemo ratusan pelajar yang menuntut transparansi pengelolaan dana bantuan tersebut, Jumat (5/1).

Aksi unjuk rasa itu dilakukan sejak jam masuk sekolah pukul 07.30 WIB. Begitu jam pelajaran dimulai, ratusan siswa dari semua kelas langsung berkumpul di halaman sekolah sehingga aktivitas belajar lumpuh total.
Para siswa bergantian berorasi menyampaikan kebijakan sekolah yang dianggap tidak transparan. Nida Sri Rauzatul Janah dalam orasinya mengatakan, siswa meminta transparansi dana BOS dari pemerintah, pasalnya setiap siswa punya dana dari pemerintah.

“Kita nggak pernah tahu pengelolaan dana BOS itu, kami meminta perbaikan fasilitas yang ada di sekolah,” kata Nida.

Menurutnya, saat ini banyak fasilitas sekolah yang rusak dan tak kunjungan diperbaiki. Bahkan spidol saja harus membeli sendiri dari uang kas yang dikumpulkan dari para siswa.

“Sempat juga waktu dulu, untuk gaji pembersih sekolah saja siswa yang iuran sebesar Rp3.000/bulan, namun sekarang sudah dihentikan,” ujar dia.

Ia berharap, dengan adanya aksi seperti ini apa yang diinginkan semoga cepet terwujud, fasilitas sekolah bisa dilengkapi dan ada transparansi dana BOS yang dikelola sekolah. Terlihat dalam aksi tersebut para siswa sembari bernyanyi dan meneriakkan yel-yel, mereka juga membawa poster berisi tuntutan dan tidak transparansi pengelolaan dana BOS di sekolah tersebut. [ren/RMOL JABAR]

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close