Kota SukabumiSUKABUMIWISATA

Terowongan Peninggalan Belanda Ditelusuri, Konon Hubungkan Tiga Kecamatan

CIKOLE – Warga Kota Sukabumi dihebohkan dengan penemuan terowongan tua, kemarin (3/1). Kabarnya terowongan ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Terowongan itu disebut-sebut menyambungkan tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Cikole, Warudoyong dan Gunungpuyuh.

Walikota Sukabumi, M Muraz mengintruksikan beberapa dinas untuk secepatnya mengkaji dan menelusuri terowongan bawah tanah peninggalan zaman Belanda yang mengelilingi pusat Kota Sukabumi.

“Guanya itu dari Jalan Pasundan sampai ke Yogya Departmen Store di Jalan RE Martadinata Kota Sukabumi, tapi sampai sekarang belum ditelusuri. Saya sudah meminta Dinas Bina Marga untuk secepatnya meneluauri terowongan itu,”ungkap Muraz kepada Radar Sukabumi, Rabu (3/1).

Apabila sudah dilakukan pengkajian, terowongan tersebut bisa dijadikan pembangunan obyek wisata baru yang memiliki nilai historis.

“Maka, penting diketahui kedalaman dan kepanjangan terowongan tersebut,” paparnya.

Baca juga :  Walikota Memastikan Terowongan Eks Belanda Adalah Saluran Drainase

Sementara itu, Kepala Bidang Penelitian dan Pembangunan (Kabid Litbang) Bappeda Kota Sukabumi, Neng Rahmi memaparkan, pihaknya saat ini tengah melakukan pengkajian untuk dijadikan obyek wisata dengan konsep pembangunan terowongan bakal mengadopsi Kota Benteng bersejarah di Belanda, S Hertogenbosch atau yang lebih dikenal dengan Den Bosch.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close