Melihat Kondisi Gunung Cimerang di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya

Pada 2001 silam, di Gunung Cimerang yang menjadi penyangga Kecamatan Purabaya dan Jampangtengah ini pernah terjadi kejahan lingkungan berupa tindakan illegal logging dengan skala besar yang dilakukan oleh oknum masyarakat. Akibatnya, gunung yang subur dengan pepohonan itu menjadi ‘gundul’. Lalu, bagaimana saat ini kondisinya?

Laporan; Lupi Pajar Hernawan, Kecamatan Purabaya.

Bacaan Lainnya

Di Gunung Cimerang yang tepatnya berada di Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya dan Kecamatan Nyalindung pernah terjadi tindak kejahatan lingkungan pada tahun 2001 lalu. Oknum masyarakat setempat sempat ‘mencukur’ habis pepohonan yang berada di atas gunung itu. Akibatnya, selain cuaca dirasakan cukup gersang, juga pasokan air di sekitar wilayah ini setelah penebangan itu sempat terganggu.

Namun, kondisi itu kini mulai berangsur pulih. Tunas pepohonan mulai terlihat dibeberapa hamparan dataran tinggi, bahkan tidak sedikit pohon baru yang sudah menjulang tinggi, menutupi ‘kebotakannya’.

Penelusuran Radar Sukabumi, latar belakang terjadinya illegal logging itu ialah alasan klasik, yakni ekonomi. Pasalnya, saat itu masyarakat tergiur untuk ikut terlibat dalam penebangan pohon supaya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun sayangnya, kenikmatan yang dirasakan itu hanya sesaat, setelah aparat gabungan Perhutani dan Brimob untuk melakukan proses hukum.

Kepada wartawan koran ini, salah seorang petugas Perhutani, Yadi Siswandi mengisahkan, saat insiden penebangan pohon secara ilegal dengan skala besar, wilayah Cimerang dan sekitarnya kondisinya cukup menegangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *