Rencana Pemindahan Stasiun Sukabumi, Dishub Tunggu Kajian Kemenhub

WARUDOYONG – Rencana pemindahan Stasiun Kereta Api (KA) Kota Sukabumi yang saat ini berada di Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole ke wilayah Selakaso, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, belum bisa sepenuhnya dilaksanakan. Sebab untuk proses pemindahannya harus terlebih dahulu menunggu hasil kajian yang tengah dilakukan oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan saat ini rencana pemindahan Stasiun Sukabumi tengah memasuki tahapan kajian, salah satunya berkaitan dengan besaran anggaran untuk membiayai seluruh proses perpindahan ke lokasi baru.

Bacaan Lainnya

“Pengajuan untuk perpindahan lokasi stasiun sudah dilakukan. Sampai saat ini kami masih belum mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan serta kapan proses perpindahan tersebut bisa dilakukan. Semua itu harus menunggu hajil kajian dari kemenhub,” ungkap Abdul Rachman.

Dijelaskannya, wilayah Selakaso dipilih menjadi lokasi baru untuk Stasiun Sukabumi lebih disebabkan karena potensi wilayahnya yang masih memiliki ketersediaan lahan yang cukup luas. Selain itu Selakaso juga memiliki akses yang sangat berdekatan dengan Jalan Lingkar Selatan (Lingsel) dan Tol Bogor, Ciawi serta Sukabumi (Bocimi).

“Pertimbangannya Selakaso memiliki ketersediaan lahan yang masih cukup memadai, tidak hanya itu saja wilayah itu berdekatan dengan peta Jalan Tol yang saat ini tengah dibangun. Hal ini tentu saja menjadi peluang untuk memindahkan stasion KA ke tempat yang lebih strategis. Namun, persiapan dan lainnya belum dilakukan sebab ini baru tahap usulan dan kajian,” ujarnya.

Menurut Abdul Rachman, dalam rencana ini kelembagaan dinasnya tidak memiliki kewenangan untuk bisa merealisasikan pemindahan stasiun. Karenannya dishub hanya sebatas menyampaikan usulan saja kepada pemerintah pusat agar oprasional KA menjadi lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat.
“Kami hanya bisa menunggu keputusan lebih lanjut dari pemerintah pusat. Apabila sudah ada keputusan nanti akan secepatnya direalisasikan,” paparnya. Dia merasa optimis jika pemindahan Stasiun Sukabumi ke Selakaso akan mendapat respon penuh dari kemenhub.

Pasalnya pada saat peresmian Doble Trek KA Bogor-Sukabum, Abdul Rachman sempat berbincang langsung dan mengusulkan rencana perpindahan tersebut kepada dirjen KA. Hasilnya, kemenhub berjanji akan sesegera mungkin untuk merealisasikan usulan dishub. (cr16/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *