Pasukan Houthi Tembakkan Rudal ke Rumah Raja Salman

Pasukan koalisi Arab menyatakan, mereka berhasil mencegah rudal balistik yang diluncurkan oleh pasukan Houthi dengan target utama menembak kediaman Raja Salman. Rudal itu diluncurkan pada Selasa, (19/12).

Asap tebal terlihat di langit Riyadh selatan setelah pasukan Arab mencegah rudal tersebut menghujam ke rumah Raja Salman. Bekas ledakan terlihat di bagian wilayah lain di Riyadh, namun tidak ada korban jiwa atau kerusakan akibat ledakan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Saya berada di kantor saat mendengar ledakan besar,” kata Tomas Kompikan, salah satu pekerja asing di Riyadh seperti dilansir dari AFP Rabu (20/12).

Pasukan Houthi terus menargetkan kota-kota di Arab Saudi dengan rudal balistik, namun usaha mereka tetap sia-sia karena tidak bisa melawan sistem pertahanan kerajaan.

November lalu, rudal balistik lain berhasil dicegah oleh Angkatan Udara Arab Saudi di dekat Bandara Internasional Raja Khaleddi Riyadh. Rudal tersebut diluncurkan oleh kelompok Houthi di Yaman.

Raja Salman (Reuters)

Dilansir dari AFP, Rabu (20/12), Kepala kelompok Houthi, Abdulmalik Al Houthi mengatakan, serangan ke Saudi merupakan balasan atas serangan seribu hari oleh Saudi.

Sebelumnya kelompok Houthi sudah membantai mantan Presiden Yaman Ali Abdulah Saleh. Kini mereka menargetkan Raja Salman jadi korban berikutnya.

Lebih dari 8.750 orang terbunuh sejak Saudi dan sekutunya bergabung dalam perang melawan Houthi pada 2015 di Yaman. Akibat blokade oleh Saudi, banyak warga negara Yaman yang mengalami kelaparan.

(AFP/ce1/iml/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *