Masyarakat Dihimbau Tak Terpancing Isu Miring

SUKABUMI— Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi, Muhammad Aminudin menghimbau kepada masyarakat agar tidak gampang terpancing isu-isu yang membuat kedagudahan pada pelaksaan Pilwalkot 2018 mendatang.

Hal itu, dihimbau panwas agar pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun. “Jangan main-main dengan isu calon. Namanya juga isu, itu jauh dari kebenaran ya. Jadilah masyarakat yang cerdas, yang tidak mengkonsumsi informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” katanya Amin kepada koran ini, Kemarin (19/12).

Bacaan Lainnya

Soalnya, ketika masyarakat sudah mengonsumsi isu-isu yang tidak baik, dapat mempengaruhi proses demokrasi tersebut. Pasalnya, isu-isu itu bagian yang negatif menjelang pesta demokrasi. “Kalau ada isu apapun di masyarakat, segera cek kebenarannya. Langsung juga laporkan kepada kita (Panwas,red),” terangnya.

Karena, dirinya tidak dapat memungkiri hal itu dapat terjadi. Disetiap pesta demokrasi itu, isu negatif yang sipatnya menyerang selalu ada. Meskipun begitu, dirinya bersama dengan jajarannya akan berusaha sekuat tenaga untuk mengantisipasinya.

“Pasti ada, tapi kita cabo untuk menekannya dan meminimalisirnya. Paling penting masyarakat juga ikut mengantisipasinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Amin, setiap elemen masyarakat yang berada di wilayah Kota Sukabumi harus ikut mengawal proses demokrasi lima tahunan tersebut. Untuk menciptakan pemilu yang jujur, adil serta santun. “Ini menjadi tanggung jawab bersama. Pemilu jujur, harus kita kawal sampai selesai dan tuntas. Masyarakat bersama Panwas mengawal pemilu,” paparnya.

Maka dari itu, kata Amin, dirinya mewanti-wanti kepada semua tip sukses (timses) balon Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi untuk tidak menebar fitnah dan isu yang tidak baik terhadap lawan politiknya. Jika kedapatan, itu dapat dikenakan sanksi.

“Jadi, menjaga Pilwalkot aman dan damai itu, bisa menjaga isu negatif dan hoax. Itu harus dilakukan oleh semua timses,” katanya. (sep/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *