KABUPATEN SUKABUMIPOLITIK

HG Salurkan puluhan Alsitan

CIKOLE– Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Heri Gunawan (HG) menyalurkan puluhan unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani melalui Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi. Adapun Alsintan yang dibagikan berupa 24 unit hand traktor dan 10 pompa air dibagikan kepada 34 kelompok tani se-Kabupaten Sukabumi.

” Ini merupakan aspirasi yang diserap oleh rumah aspirasi dan insiprasi Heri Gunawan (RAI-HG) dari kelompk tani. Alhamdulillah saat ini bisa tersalurkan, sementara 36 hand traktor masih dalam proses di Kementerian Pertanian,” ujar Heri Gunawan, Senin (18/12).

Dikatakan pria akrab disapa HG, penyaluran Alsintan ini berharap bisa memberikan manfaat kepada petani di Kabupaten Sukabumi. Serta mampu berdampak kepada semangat dan peningkatan hasil pertanian. ” Ya ini bisa memacu para petani di Kabupaten Sukabumi agar lebih bersemangat untuk bertani,” ujarnya.

Lanjut HG, dulu di Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi itu termasuk lumbung pertanian besar. Tapi, saat ini perekonomian Jawa Barat bergeser dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan ke industri pengolahan serta perdagangan besar dan eceran.

Jika melihat data tahun 2012 sampai dengan tahun 2016 menunjukkan bahwa rata-rata kontribusi sektor pertanian-kehutanan-perikanan hanya 8,86 persen.

Beda halnya dengan industri pengolahan dengan rata-rata 43,12 persen dan perdagangan besar dan eceran rata-rata 15,48 persen. ” Padahal pertanian adalah sektor produktif dengan daya serap tenaga kerja yang besar,” ujarnya.

Adapun mundurnya sektor pertanian kata HG disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, minimnya kepemilikan petani atas lahan, minimnya modal, investasi dan infrastruktur teknologi di sektor pertanian dan lambannya regenerasi petani.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close