Danone Aqua Komitmen Tingkatkan Ekonomi Santri

”Alhamdulillah dombanya sudah berkembang dari 21 ekor menjadi 31 ekor dan ikan lelenya sudah berkembang biak dengan pesat. Selain itu, dari pengolahan kompos juga dimanfaatkan untuk pupuk tanaman sayuran organik di kebun santri. Alhamdulillah dari hasil panennya dapat meningkatkan pola gizi santri dan sedikit menambah penghasilan dengan dijualnya produk sayuran,” ungkap Ustaz Rosyad.

Danone Aqua juga membantu program peningkatan akses air bersih yang higienis dan sanitasi lingkungan.

Bacaan Lainnya

Caranya dengan pembangunan unit mandi, cuci dan kakus (MCK), pengelolaan sampah, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat.

Danone Aqua juga menggandeng Ponpes Al-Amin, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi melakukan Program Konservasi Terpadu Gunung Salak Lestari.

Kerja sama itu diwujudkan dengan penanaman 50 ribu pohon keras jenis jabon dan puspa. Pohon-pohon tersebut ditanam di beberapa titik kawasan lahan kritis. Terutama di kawasan lahan kritis di Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug.

Penanaman ribuan pohon ini merupakan program kelanjutan konservasi terpadu Gunung Salak Lestari. Adapun target tanam pohon keras ini mencapai seratus ribu pohon yang harus ditanam Danone dalam setahun ini.

Selain melibatkan warga sekitar, kegiatan penanaman pohon yang memiliki nilai ekonomis itu juga menggandeng santri yang tergabung dalam perhimpunan kelompok Tani Hejo Daun.

Untuk mendorong kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan penanaman pohon tersebut juga melibatkan para relawan yang terdiri dari para karyawan Danone Aqua.

“Program kemitraan strategis ini sudah berlanjut sejak 2009 lalu. Kali ini, kami menanam pohon yang dinilai memiliki nilai ekonomi yang diharapkan dapat mendorong inovasi warga sekitar. Sebanyak 30 ribu pohon puspa telah ditanam di kawasan TNGHS dan 20 ribu pohon jabon ditanam di areal perkebunan masyarakat,” kata Karyanto. (jos/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *