Pemimpin Harus Miliki Keteladanan Tinggi

Pernahkan berfikir krisis yang terbesar saat ini adalah krisis keteladanan.

Banyak yang berfikir krisis keteladanan lebih bahaya ketimbang krisis pangan dan lainnya, karena dengan runtuhnya keteladanan seorang pemimpin bisa menimbulkan masalah-masalah besar.

Maka dari itu, warga Perum Taman Asri Ciaul Pasir Kota Sukabumi Komharudin berasumsi bahwa Kota Sukabumi membutuhkan kepala daerah yang mampu di teladani hampir dalam semua spektrum kehidupan.

Anak muda dan remaja membutuhkan satu sosok yang tangguh dan bermotivasi tinggi untuk menghadapi segala kesulitan hidup dan banyaknya rintangan untuk berkembang.

Orang tua membutuhkan figur yang memberi contoh untuk keluarga harmonis dalam berumah tangga, dunia usaha perlu figur yang berjiwa berusaha keras, dunia penegak hukum perlu figur yang tegas dan tepat sasaran, dunia pendidik membutuhkan figur pendidik yang ngemong dan memperlakukan siswa sebagai ornganisme yang tumbuh dan perlu diperhatikan dari waktu ke waktu.

Kepemimpinan mereka tentu akan menentukan bagaimana nasib rakyat lima tahun kedepan. Dalam tataran sosial diperlukan seorang leader (pemimpin) yang mampu merajut titik-titik temu dari berbagai elemen masyarakat yang berbeda dari sisi ideologi, kultur dan tradisinya; menjadi suatu tatanan masyarakat yang madani.

Namun menjadi seorang Walikota, syarat yang paling utama bagi kesuksesan memimpin suatu masyarakat tidak dapat terjadi begitu saja tanpa memiliki kemampuan (skill) dan memimpin diri sendiri (self leadership).

Kesuksesan para pemimpin yang ada diseluruh permukaan bumi ini tidak akan lengkap tanpa memiliki kompetensi yang satu ini.

Self leadership pada intinya adalah kemampuan diri dalam mengendalikan hawa nafsu.

Seorang bijak berkata, “setiap musuh yang anda perlakukan dengan sopan adalah kawan, kecuali nafsu. Semakin lunak anda padanya, ia akan semakin melawan. Pilihannya ada dua, Anda yang memimpin nafsu Anda sendiri, atau nafsu itu yang akan memimpin keseluruhan diri Anda, “jelasnya

Dirinya mengharapkan seorang kepala daerah yang memahami masalah rakyat, bebas KKN dan berkomitmen untuk memberantas KKN, berjiwa patriotic yang lebih mengutamakan kepentingan rakyat, mempunyai kepemimpinan yang kuat tegas dan berani mengambil resiko dalam menyelesaikan masalah rakyat, mempunyai kemampuan diplomasi dan tidak tunduk pada pengaruh dan tekanan asing, berempati kepada rakyat miskin dan mempunyai niat kuat untuk mensejahterakannya.

Kepala daerah seperti itu yang mampu membawa Kota Sukabumi menjadi lebih baik, (hnd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *