Bencana Alam KabKABUPATEN SUKABUMI

Bupati Evaluasi Pemdes

CICANTAYAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mengumpulkan seluruh kepala desa se Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Mereka dikumpulkan untuk dievaluasi, karena saat bencana terjadi koordinasi antara instansi masih belum terjalin dengan baik.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menjelaskan, fakta menunjukan apabila terjadi bencana masih belum optimalnya tingkat koordinasi yang baik antar instansi terkait.

Dimana pemerintahan desa yang menjadi sasarannya serta masyarakat penerima manfaat perlu dilindungi dari dampak bencana.

“Oleh karena itu para kepala desa perlu meningkatkan kapasitasnya dalam upaya pengurangan resiko bencana karena dalam kontek pengurangan resiko bencana kita dituntut untuk melaksanakannya secara terpadu, terkoordinasi dan terencana sesuai dengan motto tangguh, teruji dan profesional dalam bingkai kebersamaan menuju masyarakat Kabupaten Sukabumi yang lebih baik religius dan mandiri,” jelasnya.

Kendati demikian, pemerintah daerah memberikan apresiasi atas kerjasama antara perangkat daerah yang menangani penanggulangan bencana dengan seluruh para kepala desa dan kelurahan se Kabupaten Sukabumi.

“Kerjasama yang telah terjalin ini sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat sebagai garda terdepan dalam upaya pengurangan resiko bencana yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari wilayah kita sebagai kabupaten yang mempunyai resiko tinggi terhadap kejadian bencana,” terangnya.

Diharapkan seluruh perangkat daerah agar menyamakan kebijakan dan kewenangan dengan cara memadukan seluruh strategi yang ada ke dalam perencanaan pembangunan.

“Segala tenaga dan pikiran yang disumbangkan untuk kegiatan penanggulangan bencana di daerah khusunya di desa atau kelurahan bukanlah suatu keterpaksaan tetapi bersandar kepada kerja ikhlas dan profesionalisme untuk menolong sesama umat manusia,” imbuhnya berharap.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Dudung Abdullah menambahkan, kegiatan dilaksanakan dengan mengikutsertakan 490 orang yang terdiri kepala desa, Kasi Kesos serta Relawan se-Kabupaten Sukabumi.

“Tujuan dilaksankannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penanganan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya. (cr15/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close