PENDIDIKAN

Pelajar Dituntut Kelola Libur Panjang *Supaya Lebih Bermakna

SUKABUMI — Menjelang libur panjang tahun baru 2018, SMK Muhammadiayah 1 Kota Sukabumi meminta seluruh pelajar agar mengelola liburan sekolahnya lebih bermakna.

Wakasek Kesiswaan SMK Muhammadiayah 1 Kota Sukabumi, Dadang Hidayat mengatakan, rencananya sekolah meliburkan pelajar pada 16 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018 .

“Dalam kesempatan ini, kami akan memberitahukan dan berkonsolidasi dengan orang tua. Di mana pelajar (putra putrinya) pada liburan nanti tidak hanya bermain tetapi bisa belajar di rumah untuk mengevaluasi hasil ulangan yang dilakukannya,” pinta Dadang kepada Radar Sukabumi, kemarin (7/12).

Menurutnya, liburan yang tidak konstruktif membuat para pelajar kecanduan games, berubah menjadi pemalas, kecanduan nonton TV serta berkembangnya sikap dan perilaku yang tidak konstruktif lainnya.

“Sebab itu, dalam libur panjang kali ini, kami memberikan tugas kepada pelajar untuk melakukan penelitian dan hasilnya diserahkan pada waktu masuk sekolah,” paparnya.

Dengan begitu lanjut Dadang, para pelajar bisa mengatur waktu bermain dan mengerjakan tugas. Sehingga, waktu liburan bisa terjadwal. Hal ini, diyakini akan dapat meminimalisir dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat libur panjang tersebut.

“Kami optimis, dengan bekerjasama dengan adanya komunikasi yang baik dengan orang tua siswa akan mampu menangkal dampak negatif yang akan muncul,” sahutnya.

Ia menambahkan, dengan upaya yang akan dilakukan tersebut selain bisa menangkal hal yang negatif juga para pelajar dapat mengepaluasi hasil pembelajaran selama satu semester hingga bisa meningkatkannya.

“Kami harap, dengan himbauan dan tugas yang diberikan pada peserta didik mereka bisa menerapkan dalam kesehariannya sehingga waktu liburannya bermakna,” tutupnya optimis. (cr16/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close