Kota SukabumiPemerintah Kota

Infrastruktur Jalan Jadi Kunci Sukses

CIKOLE – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi Rudi Djuansyah menandaskan pemerintah daerah memandang selama ini infrastruktur jalan telah menjadi kunci sukses bagi pembangunan Kota Sukabumi.

Apalagi peranannya dapat mendukung perwujudan visi misi daerah.

“Akses transportasi merupakan hal yang sangat penting sebagai penunjang kegiatan warga, terlebih lagi kaitannya dengan akses pendidikan, kesehatan dan perdagangan di Kota Sukabumi. Hal ini sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Sukabumi Tahun 2005-2025, yakni Terwujudnya Kota Sukabumi Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat,” jelas Rudi.

Berkaitan dengan hal tersebut, akses transportasi di Kota Sukabumi menjadi pendukung dalam memberikan dan meningkatkan pelayanan pendidikan, kesehatan dan perdagangan.

Untuk itu ke depannya ruang dan akses transportasi di wilayah ini perlu lebih ditonjolkan bobot penilaiannya. Karena berkaitan dengan mobilitas warga masyarakat.

Rudi menjelaskan pelayanan sebelumnya lebih condong dan dititikberatkan pada pelayanan dasar.

Hal tersebut dinilai oleh berbagai kalangan belum menyentuh pada esensi kota.

Sebab di setiap kota yang sangat penting adalah mengatur ruang, karena dapat mengundang banyak orang dari luar kota.

Dijelaskan pula kendati wilayah Kota Sukabumi ini sangat kecil, namun uniknya menjadi pusat berbagai aktivitas warga masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan perdagangan.

“Pemerintah daerah melalui Bappeda sangat perlu melakukan peninjauan tentang harus atau tidaknya dilakukan perubahan pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” ungkapnya.

Lebih lanjut Rudi menuturkan hakekatnya perubahan RTRW dilakukan dalam waktu setiap 20 tahun sekali.

Namun untuk peninjauan dan perubahan RTRW ini bisa dilakukan setiap tahunnya.

Hal itu dilandasi perkembangan dan kebutuhan warga.

“Termasuk peninjauan dilakukan jika RTRW tersebut dianggap dan dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan perubahan pembangunan.

Contohnya pembangunan Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), Pemerintah Kota Sukabumi harus segera melakukan penyesuaian dan melakukan revisi sekaligus merubah RTRW,” beber Rudi.

Hal tersebut sangat penting dilakukan, sebagai salah satu langkah dan upaya untuk menyesuaikan RTRW Kota Sukabumi dengan program pembangunan nasional. (ton)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close