Kota Sukabumi

Harga Sayuran Melejit

CIKOLE — Dalam beberapa hari terakhir ini sejumlah komoditas sayuran di pasar tradisional Kota Sukabumi mengalami kenaikan harga.

Fenomena tersebut terjadi karena pengaruh cuaca buruk yang menyebabkan menurunnya pasokan sayuran ke pasaran.

Harga sayuran naik terutama jenis Cabai merah dan Tomat. Saat ini harga Cabai merah lokal dari Rp50 Ribu per kilogram, sebelumnya harga komoditas ini Rp30 Ribu per kilogram.

“Sudah biasa kalau hujan seperti saat ini harga sayuran naik dan kali ini naiknya cukup fantastis,” ungkap salah seorang pedagang sayuran di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi, Asep kepada Radar Sukabumi, kemarin (3/12).

Selain itu cabai merah jenis TW naik dari harga Rp25 Ribu per Kilogram menjadi Rp35 Ribu per Kilogram. Asep menuturkan jenis cabai keriting pun mengalami kenaikan harga.

Saat ini harganya dijual senilai Rp40 Ribu per Kilogram, padahal sebelumnya hanya Rp20 Ribu per Kilogram. Harga tomat naik dari Rp8.000 per Kilogram naik menjadi Rp10.000 pe Kilogram.

Sementara di sisi lain jenis sayuran lainnya masih stabil harganya seperti bawang merah dan cabai rawit.

Komoditas bawang merah dijual seharga Rp28 Ribu per Kilogram dan cabai rawit Rp22 Ribu per Kilogram.

Asep mengatakan kenaikan sejumlah jenis sayuran ini salah satunya karena menurunnya pasokan ke pasar.

Sebabnyafaktor cuaca buruk seperti hujan deras disertai angin kencang yang berpengaruh pada hasil panen petani sayuran.

Sementara itu Herman (50), pedagang sayuran lainnya mengatakan permintaan jenis sayuran mengalami peningkatan akhir-akhir ini, menyusul adanya momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di sejumlah daerah.

Menurutnya kualitas sayuran yang dipasok ke pasaran saat ini terkadang kurang bagus seperti sebelumnya.

Salah seorang warga Kecamatan warudoyong, Anisa (32) mengatakan kenaikan harga komoditas sayuran tersebut dirasakan cukup memberatkan.

Jika dihari biasa dirinya membeli cabai hingga Rp4-5 Kilogram, kini hanya 1-2 Kilogram.

“Saya harap harga sayuran bisa kembali normal, apalagi saya kan buat dijual lagi ke orang. Kalau harga tinggi susah juga buat ngejualnya,” tutupnya. (cr11/t).

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close