KESEHATAN

10 Cara Hilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan sesuatu yang sangat menyebalkan. Terlebih ketika tengah berada di tengah-tengah banyak orang. Sadar atau tidak, kondisi itu tentu sangat mengganggu dan membikin tak nyaman.

Maka dari itu, kesehatan gigi dan mulut penting untuk menjadi prioritas. Selain bisa mencegah sakit gigi, tentu bisa menghindari aroma napas tak sedap.

Namun pernahkah mengalami napas tak sedap atau bau mulut, sekalipun sudah menyikat gigi? Berarti ada sesuatu yang salah.

Lebih dari 80 juta orang menderita halitosis kronis atau bau mulut. Pada sebagian besar kasus, bau mulut berasal dari gusi dan jaringan.

Bau mulut adalah kondisi yang umum dan ada beberapa cara untuk mencegahnya seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (30/11). Berikut penjelasannya:

1. Minum Banyak Air

Minum air baik untuk merangsang aliran air liur dan menghindari dehidrasi yang bisa memicu halitosis.

2. Kopi

Jangan Terlalu Banyak Minum Kopi Terlalu banyak kafein dapat memperlambat produksi air liur dan mengeringkan mulut. Akhirnya bisa menimbulkan bau nafas.

3. Bersihkan Gigi Palsu

Merawat gigi palsu sama pentingnya dengan gigi. Mempraktikkan kebersihan yang sama perlu dilakukan. Bersihkan gigi palsu setiap malam untuk mencegah bakteri menumpuk di gigi.

4. Jangan Ada Sisa Makanan

Setiap partikel makanan yang berada di antara gigi bisa menyebabkan bau busuk. Bakteri dari makanan bisa masuk jauh di bawah garis gusi, dan menyebabkan bau mulut serta infeksi.

5. Ganti Sikat Gigi

Setiap Dua Bulan Sikat gigi lama hanya akan menambah lebih banyak bakteri ke mulut. Makanya, ganti sikat gigi secara teratur sangat penting.

6. Jangan Abaikan Lidah

Ingatlah untuk membersihkan lidah setelah menyikat gigi di pagi hari. Membersihkan lidah telah terbukti mengurangi bau sekitar 70 persen.

7. Jangan Sembarang Obat Kumur

Sebagian besar obat kumur mengandung sekitar 27 persen alkohol di dalamnya. Hal itu bisa mengeringkan mulut dan menciptakan bau yang tidak sedap. Periksa sebelum membeli jangan sampai mengandung alkohol.

8. Permen Karet

Gula dalam permen yang dikonsumsi membuat bakteri tumbuh lebih jauh di mulut. Bisa diatasi dengan cara mengunyah permen karet.

9. Pengaruh Obat

Obat seperti antidepresan, obat penghilang rasa sakit dan antihistamin dapat menekan aliran air liur dan bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

10. Radang Tenggorokan

Bakteri bisa muncul saat sedang mengalami radang tenggorokan atau sariawan. Bentuknya seperti bintik putih dan baunya sangat menjijikkan.

(ika/JPC)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close