PILKADA KOTA SUKABUMISUKABUMI

Panwaslu Terus Soroti Timses Nakal

SUKABUMI— Meski belum masuknya pada tahapan Pilwalkot Sukabumi tahun 2018. Ternyata, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Sukabumi sudah melakukan pemantauan terhadap gerakan semua tim sukses (timses) dari semua Bakal Calon (Balon) Walikota Sukabumi yang digadang-gadang bakal maju di pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Jujur saja ya, semua gerakan saat ini sudah kita pantau. Kalau oknum timses yang berpolitik sara, fitnah dan menyebar kebencian, kita langsung proses. Apalagi ada timses yang terbukti melanggar secara pidana kita proses bersama dengan Kepolisian,” ungkap Ketua Panwaslu Kota Sukabumi, Muhammad Aminudin kepada koran ini, Kamis (24/11)

Menurut Amin, hal itu dilakukan oleh dirinya agar tahapan Pilwalkot nanti dapat berjalan lancar serta tidak terjadinya politik yang menyesatkan masyarakat serta merugikan para kandidat yang berkontestasi diajang pesta demokrasi itu. Meskipun menurutnya, saat ini masih belum ada timses yang melakukan pelanggaran yang dapat mencidrai proses Pilwalkot nanti. “Sejauh ini, belum ada yang terdeteksi tapi arah untuk kesana peluangnya sangat besar. Makanya, beberapa antisipasi-antisipasinya sudah kita siapkan termasuk dengan penindakannya,” terangnya.

Meskipun begitu, lanjut Amin, jangan mengira lembaga yang dipimpinnya saat ini santai-santai saja. Padahal menurutnya, sejauh ini keberadaan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) yang berada di bawah koordinasinya itu sudah bergerakan ditengah-tengah masyarakat untuk melakukan pemantawannya. Jika terbukti akan bermain politik curang, saat itu juga dirinya bakal mengambil tindakan. “Kalau ada dan terbukti, kita akan mengetahuinya. Karena, Panwascam saat ini sudah bekerja meskipun belum memasuki tahapan Pilwalkotnya. Soalnya, kita tidak mau kecolongan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Amin, untuk kesuksesan pengawasannya dilapangan, dirinya mengharapkan adanya keterlibatan dari masyarakat untuk ikut mengawasi dan memantau proses Pilwalkot nanti. Bahkan, dirinya menyarankan jika kedapan adanya timses yang menebar fitnah serta isu sara untuk secepatnya melaporkan kepada lembaganya tersebut.

“Kesuksesan Pilwalkot itu, adanya peran aktif dari masyarakat juga. Kalau terbukti dan memenuhi unsur, laporkan pada kita. Jangan takut, kita akan proses sesuai aturan yang ada. Kita tidak pandung bulu, Timses manapun yang melanggar kita proses,” paparnya. (sep/t)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close