PT SNN dan Warga Berdamai

SUKABUMI – Puluhan warga Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin datang berbondong-bondong ke kantor PT Surya Nusa Nadicipta (SNN) Jum’at (24/11) lalu. Kedatangan mereka, merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap keberadaan perusahaan yang sebelumnya telah dirusak dan dibakar oleh massa pada beberapa waktu yang lalu.

General Manager (GM) PT SNN, Kadar mengatakan, kegiatan yang dipusatkan dihalaman gedung PT SNN ini sengaja dilakukan, sebagai salah satu bentuk rasa syukur terkait akan kembali dimulainya aktivitas perusahaan.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya, perusahaan ini telah dipasangi garis polisi karena telah dirusak dan dibakar oleh massa. Setelah perkaranya selesai, maka pada Selasa (21/11) lalu, garis polisi tersebut telah dicabut oleh Kapolsek Caringin dan didampingi oleh pihak perusahaan. Untuk itu, saat ini kami melakukan syukuran dengan mengundang puluhan warga,” jelas Kadar kepada koran ini usai melakukan syukuran bersama para petani.

Sebelum, syukuran ujar Kadar, PT SNN terlebih dahulu telah melakukan qurban dengan menyembelih seekor kambing. “Tadi pagi itu, sebelum syukuran kita menyembelih dulu kambing dan dagingnya kita bagikan kepada warga sekitar,” paparnya.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, ia berharap dapat meningkatkan hubungan tali silaturahmi antara pihak perusahaan dengan warga. Sehingga dapat tercipta hubungan yang harmonis. Untuk itu, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh element, khususnya kepada warga Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya serta pihak kepolisian yang sudah membantu perusahaan.

“Dalam waktu dekat ini, kami berencana akan memulai kembali beberapa aktivitas perusahaan yang berhubungan langsung dengan ketahanan pangan. Seperti menanam padi yang akan bekerjasama dengan intansi terkait.

Untuk itu, saya berharap kedepan, bisa bersama-sama dengan masyarakat untuk saling bahu-membahu. Terkait dengan pengrusakan dan pembakaran kantor PT SNN, seharusnya tidak perlu terjadi, bila masyarakat tidak terprovokasi.

Saya percaya dan yakin, masyarakat Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya adalah orang yang santun dan ramah. Dan mari kita jadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran yang berharga. Sebab itu, peristiwa yang lalu biarlah berlalu. Terpenting saat ini, kita tatap masa depan yang lebih baik. Mudah-mudahan ketika perusahaan bisa maju, masyarakat juga bisa lebih sejahtera,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Lebak Solokan, RT 23/9, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Solihin (72) mengatakan, pihaknya mewakili warga Desa Pasir Datar Indah dan Desa Sukamulya, mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak perusahaan yang sudah mengundang warga untuk melakukan syukuran tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap sikap perusahaan yang sudah peduli terhadap warga sekitar. Semoga kedepannya, hubungan antara warga dan perusahaan dapat berjalan harmonis dan jika ada permasalahan apapun diharapkan dapat diselesaikan dengan musyawarah,” ucapnya.

Di lain kesempatan, Kapolsek Caringin, Iptu Rafik Rahadian Syah mengatakan, dengan dibukanya police line atau garis polisi di kantor PT SNN membuktikan bahwa kepentingan penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh pihak polisi sudah selesai.

Dan PT SNN sudah berhak menggunakan kantor tersebut sebagai mana mestinya. “Sebetulnya kalau olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pengambilan barang bukti sudah selesai dilaksanakan, maka kewajiban polisi membukanya untuk selanjutnya digunakan, “jelas Rafiq beberapa waktu lalu.

Saat ditanya kenapa pembukaan police line memakan waktu lama, dirinya berkilah kalau dari pihak PT SNN memintanya untuk membuka police line dari kemarin. Namun dirinya juga tidak menampik, lamanya pembukaan garis polisi di TKP pembakaran merupakan salah satu cara untuk meredam agar tidak lagi terjadi hal serupa.

“Sekarang sudah ok, ya mau apalagi. Terpenting sekarang PT SNN dan warga sudah aman, dan semoga tetap terjaga komunikasi antara warga dan PT SNN, hingga menciptakan rasa saling membutuhkan diatara keduanya,” tukasnya. (cr13/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *