KABUPATEN SUKABUMI

188 Anggota Panwas Digembleng

PALABUHANRATU – 188 unsur Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Kesekretariatan Panwaacam se-Kabupaten Sukabumi menghadapi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2018 di Inna Samudera Beach Hotel (ISBH), Jumat(24/11).

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Anzar Kusnandar menyebutkan, kegiatan tersebut bakal berlangsung tiga hari dua malam. “Peserta ini diikuti empat orang per kecamatan. Yaitu, Ketua panscam, kesekretariatan, bendahara dan operator sistem keuangan,” sebut Anzar kepada Radar Sukabumi.

Menurut Anzar, salah satu materi yang disampaikan adalah penanganan tindak lanjut. Dalam pembahasan ini, disinggung soal money politik. “Dalam penanganannya, bisa dari laporan warga atau hasil pengawasan petugas. Namun jika ada informasi terjadinya pelanggaran, maka panwas harus melakukan jemput bola untuk ditindaklanjuti sebagai hasil pengawasan.

Lantaran masyarakat tak selalu berani menjai pelapor meskipun melihat adanya dugaan kecurangan. “Kalau tidak bisa diselesaikan ditingkat kecamatan, maka akan dibawa ke tingkat kabupaten, kalau tak selesai juga maka akan ditangani oleh Gakumdu yang di dalamnya ada aparat kepolisian,” bebernya.

Sedangkan Bimtek ini merupakan pembinaan dalam rangka dukungan kesekretariatan kepada Panwaslu kabupaten, manakala terjadi pelanggaran. Karena, kesekretariatan ini nantinya yang akan mengurus data dan administrasi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Sukabumi, Agung Munajat menyebutkan, Tufoksinya dalam melakukan pengawasan itu tak lepas dari UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada dan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
“Kegiatan ini untuk mensinkronkan antara kesekretariatan dan Panwas,” singkatnya. (ryl)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close