KESEHATANSUKABUMI

Telan Permen Karet Sebabkan Kematian ? Ini Penjelasannya

Kebanyak orang telah meyakini jika menelan permen karet akan menyebabkan kematian. Keyakinan tersebut tanpa disadari kian menguat di benak kita, meski tidak pernah mengetahui alasannya sekalipun. Sejauh ini kita hanya memahami bahwa permen karet merupakan makanan yang sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh kita.

Sebenarnya apa yang terjadi di dalam tubuh kita jika sengaja atau tidak, menelan permen karet ? Berdasarkan penjelasan yang dilansir dari Blodsky, saat tertelan, bisa saja permen karet akan tersangkut di dalam tenggorokan. Tapi bisa juga langsung masuk ke dalam perut.

Di dalam perut, permen karet akan melalui proses hingga menghasilkan cairan pencernaan dan dilanjutkan ke usus. Untuk jenis makanan yang lazim dikonsumsi, dibutuhkan sekitar tujuh jam untuk proses pencernaannya. Namun tidak bagi permen karet. Dibutuhkan waktu paling tidak sekitar 26 jam untuk mengeluarkan permen karet dari system pencernaan.

Hakekatnya sistem pencernaan punya cara tersendiri untuk menangani benda yang sulit dicerna seperi permen karet. Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar bersama dengan sisa-sisa makanan lainnya. Meski demikian, bukan berarti permen karet relatif aman untuk di telan,

Jika beruntung, permen karet akan keluar dari tubuh kita bersama dengan kotoran melalui anus. Lalu bagaimana jika permen tersebut tetap menempel di dalam system pencernaan alias gagal dikeluarkan. Saat itulah tubuh kita merasakan berbagai gejal menunjukan kondisi yang tidak baik. Secara berangsur suhu tubuh kita akan naik dan diiringi dengan dengan melonjak tekanan darah akibat tubuh tak sanggup mengeluarkan permen karet.

Gejala yang akan ditimbulkan akibat tubuh gagal membuang permen karet umumnya berupa penyakit akibat masalah pencernaan seperti mual, muntah hingga diare. Lebih fatal lagi, bagi beberapa orang masalah pencernaan tersebut bisa menimbulkan gejala alergi.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close