Kota Sukabumi

Puntung Rokok Hanguskan Dapur Rumah

WARUDOYONG – Sebuah rumah warga di Jalan Kaum Kidul RT. 03/05 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Selasa siang (21/11), terbakar.

Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

Pantauan Radar Sukabumi, musibah kebakaran yang terjadi sekitar pukul 11.40 WIB melanda tempat kediaman milik Toti Saadiah (70).

Kepulan asap hitam pekat pertamakali terlihat dari bagian belakang bangunan rumah. Kejadian ini sempat membuat panik warga sekitar.

Pasalnya lokasi kejadian berada di kawasan pemukiman padat penduduk.

Kondisi ini pula yang menyebabkan upaya pemdaman sulit dilakukan.

Untuk mencegah kobaran api merambat ke rumah warga lainnya, pemda setempat terpaksa harus menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Dari hasil pemeriksaan diketahui, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun api telah menghanguskan bangunan di bagian belakang rumah yang berfungsi sebagai dapur serta bagian dinding rumah lainnya yang ada di samping lokasi kejadian.

Sejauh ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun sejumlah saksi mata menduga api berasal dari sebuah puntung rokok yang dibuang sembarang di sekitar tempat kejadian.

Menurut Toti Saadiah saat api membakar bangunan rumahnya, ia tengah berada di dalam kamar mandi. Dirinya baru mengetahui setelah menyadari jika di dalam rumahnya dipenuhi oleh kepulan asap yang berasal dari dalam dapur rumah.

“Saya sempat panik melihat asap memenuhi ruangan terutama di bagian dapur. Terlebih lagi tepat diatas bangunan dapur merupakan kamar yang dihuni oleh cucu saya,” katanya.

Dalam situasi tersebut, Toti sempat berlarian keluar rumah untuk meminta bantuan warga sekitar. Berkat bantuan seorang tukang ojeg yang biasa mangkal di sekitar lokasi kejadian, Toti maupun seorang cucunya berhasil dievakuasi ke lokasi yang aman.

Berbeda dengan Esih (46), pemilik rumah yang berada tepat disamping rumah Toti Saadiah.

Saat melihat kobaran api mulai menjalar ke salah satu bagian dinding rumahnya, Esih langsung shock. Dia sempat kebingungan untuk menentukan tindakan yang harus dilakukannya.

“Untuk beberapa saat saya sempat kebingungan, apa yang harus dilakukan, sementara api sudah mulai terlihat membakar dinding samping rumah. Pada saat itu saya hanya bisa berpikir berasal dari mana api tersebut,” ungkap Esih.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan menyebut berdasarkan hasil penyelidikan sementara api berasal dari puntung rokok yang menyulut material bangunan rumah yang mudah terbakar.

Hembusan angin ditambah dengan kondisi cuaca yang panas, membuat api kian mudah membesar.

“Diharapkan kejadian ini menjadi teguran bagi warga lainnya untuk tidak membuang rokok secara sembarangan. Dampaknya bisa mencelakakan keselamatan warga lainnya,” ujar Asep. (sbh/t)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close