KESEHATAN

Ayo Dukung GERMAS dengan Mengkonsumsi Sayur dan Buah Setiap Hari

Oleh : Annisa Nurmala,AMG Ahli Gizi RS Betha Medika

Gerakan masyarakat hidup sehat atau lebih dikenal dengan singkatan GERMAS adalah slogan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan.

Ada 7 langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan pola hidup sehat yaitu:

1. Melakukan aktifitas fisik;

2.Mengkonsumsi sayur dan buah;

3. Tidak merokok;

4.Tidak mengkonsumsi alkohol; 5. Memeriksa kesehatan secara rutin;

6.Membersihan lingkungan;

7. Menggunakan jamban.

Salah satu langkah gerakan masyarakat hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga mengurangi makanan junkfood dan minuman bersoda.

Hasil penelitian riset kesehatan dasar menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yaitu sebanyak 93,5% penduduk usia >10tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dibawah anjuran.Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol serta menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan.

Sehingga turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes mellitus tipe 2.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah menentukan porsi makan sayuran dan buah-buahan yang ideal bagi orang sehat yaitu sebanyak 400 gram perorang perhari yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150gram buah.

Sayur memiliki porsi lebih banyak, setidaknya 250 gram atau setara dengan 2½ porsi. 1porsi sayur sama seperi 1 gelas belimbing sayur yang sudah dimasak dan ditiriskan airnya. Anda dapat membaginya menjadi 3x waktu makan, misalnya pagi ½porsi sayur, siang 1 porsi sayur dan malam hari 1 porsi sayur. 100 gram atau 1 gelas sayur bayam, kangkung, terong, kol, kembang kol dan buncis mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat dan 1 gram protein.

Sedangkan untuk bayam merah, daun katuk, nangka muda, daun singkong dan daun pepaya memiliki kalori yang lebih tinggi dalam 100gramnya, yaitu 50 kalori, 10 gram karbohidrat dan 3 gram protein. Namun, anda bisa bebas makan ketimun, selada air, lobak atau jamur kuping karena jenis sayuran tersebut tidak memiliki kalori.
Untuk konsumsi buah sedikitnya 150 gram dalam sehari atau 3 porsi perhari.

Dalam 1 porsi buah terdapat 50 kalori dan 12 gram karbohidrat yang setara dengan 1 buah apel merah kecil atau 1 buah jeruk medan sedang, atau 1 potong melon atau 1 buah pisang ambon.

Anda dapat membagi jatah buah menjadi beberapa kali makan, bisa 3 kali atau lebih.

Sesuai prinsip gizi seimbang, anda harus makan banyak sayuran dan cukup buah-buahan. Walaupun sayuran dan buah-buahan mempunyai nilai gizi yang sama, banyak mengandung vitamin, mineral dan serat tetapi beberapa jenis buah memiliki jumlah gula yang tinggi.

Gula yang terdapat dalam buah disebut fruktosa, salah satu jenis karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah anda. Semakin matang buah, maka semakin tinggi jumlah fruktosa dan glukosanya, sehingga menimbulkan rasa yang manis.

Untuk beberapa kelompok orang seperti penderita diabetes mellitus hal ini harus diperhatikan sebab mengkonsumsi buah yang sangat manis bisa membuat gula darahnya naik dengan cepat. Bukan berarti makan buah tidak baik, tetapi sebaiknya anda mengikuti anjuran porsi makan sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan bagi orang yang normal dan sehat.

Jika anda mengalami suatu kondisi medis tertentu, maka bisa saja porsi makan buah dan sayur anda kan berbeda dengan orang sehat.

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, Salam Semakin sehat, untuk kita semua dari kami, keluarga Besar Rumah Sakit Betha Medika.

Selamat Hari Kesehatan Nasional. Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close