Bulan Ini, Tol Soroja Diuji Coba

BANDUNG— Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi S. mengatakan bahwa Tol Soroja akan diuji coba pada bulan ini.

Presiden RI Joko Widodo akan hadir meresmikan pelaksanaan uji coba tol yang digagas sejak 2005.

Bacaan Lainnya

Usai bertemu Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa di Gedung Sate Bandung, belum lama ini, perusahaannya selaku investor pembangunan Tol Soroja telah menyurati Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) terkait perkembangan terkini pembangunan tol tersebut.

“Jadi, kami sudah menyurati untuk izin tanda kutip bahwa tol sudah selesai. Nanti itu bakal ada uji layak fungsi karena kami sudah melakukan PHO (provisional hand over) atau serah terima tol sementara dari kontraktor ke owner (BPJT),” katanya.

Ia merasa optimistis BPJT bersama tim gabungan dari Kementerian Perhubungan dan Korlantas Mabes Polri akan mengecek langsung kesiapan dan keamanan Tol Soroja.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung untuk melakukan rekayasa lalu lintas sebagai dampak dari uji coba Tol Soroja.

Biasanya, kata dia, kalau ke Soreang lewat alteri bisa 2 jam. Begitu masuk tol, hanya 10 menit, artinya di ujung arteri ada kemacetan. Hal itu harus diantisipasi oleh Dishub agar tidak terjadi macet di ujung tol.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima oleh Sekretaris Jabar Iwa Karniwa, PT Citra Marga Lintas Jabar diketahui bahwa progres pengerjaan Tol Soroja sudah terealisasi 98,88 persen.

Hasil itu didapat dari realisasi akumulasi pengerjaan struktur dan lean concrete di setiap seksi. Konstruksi bisa dikatakan sudah selesai, tinggal tahap akhir.

Pengerjaan lainnya lebih pada kelengkapn jalan, seperti pemasangan barrier, rumput, rambu, saluran U-Ditch, pagar ROW, fondasi PJU, dan pemasangan kilometer post, kata Iwa. Sisanya, lanjut Iwa, adalah pengerjaan di rigid pavement untuk Seksi I (mulai dari Pasirkoja hingga Marga Asih) sudah mencapai 99.90 persen dan Seksi II (Katapang) mencapai 99,35 persen.

Tol Soroja yang memiliki panjang sekitar 10,55 km dengan perincian main road tol tersebut sepanjang 8,85 km dilengkapi dengan exit tol tersebar di lima titik. Kelima exit tol tersebut adalah Exit Tol Marga Asih Barat, Exit Tol Marga Asih Timur, Exit Tol Kutawaringin Barat, Exit Tol Kutawaringin Timur, dan Exit Tol Soreang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang akrab disapa Aher ini menyatakan, pihaknya terus menggenjot sejumlah pembangunan infastruktur di Jabar menjelang akhir masa jabatannya menjadi gubernur selama dua periode, salah satunya Tol Soroja.

Ia berharap proyek Tol Soroja yang diprioritaskan di Jabar itu dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, Aher juga berharap proyek besar, seperti Tol Soroja, dapat diresmikan di akhir masa jabatannya. Aher juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jabar dan masyarakat yang telah bersama-sama mengawal pembangunan Jabar.(*/net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *